Pengembangan Instrumen Evaluasi Ranah Afektif untuk Pedididkan Agama Islam

Khuriyah Khuriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi ranah afektif Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik Madrasah Aliyah yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.

Populasi objek penelitian adalah instrumen evaluasi ranah afektif. Dan populasi subjek penelitian adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta kelas I & II Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Untuk kepentingan penyusunan instrumen, penggunaan GBPP mata pelajaran PAI untuk Madrasah Aliyah tahun 1994 yang disempurnakan merupakan pilihan tepat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dengan dua metode yaitu metode Likert dan metode diferensi semantik, kemudian dianalisis dengan teknik analisis faktor untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitasnya.

Hasil analisis data menunjukkan adanya sebaran butir yang merata pada semua faktor dan menunjukkan adanya bukti validitas kongruen yang dihasilkan melalui metode Likert dan Diferensi semantik, dimana terdapat dua faktor pada metode Likert mengungkap hal yang sama dengan metode Diferensi semantik. Oleh karena itu dari dua metode instrumen ini diperoleh 6 buah faktor yakni; pengambilan keputusan berdasar tauhid, pengambilan keputusan sesuai kemampuan, percaya diri, keyakinan, keteladanan dan kesadaran sebagai makhluk dloif. Pada angket metode Likert, dari  hasil  uji  validitas  konstruk dapat  ditemukan  nilai  varians komulatif sebesar 19.505%. Nilai koefisien reliabilitas yang diperolehnya sebesar 0.7376 dengan nilai SEM 8.9389 yang masih menunjukkan rendahnya kualitas instrumen tersebut. Pada angket metode diferensi semantik diperoleh nilai varians komulatif sebesar 33.991%, dengan nilai reliabilitas sebesar 0.8833 dan nilai SEM 3.9198. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa nilai-ndlai yang diperoleh metode diferensi semantik memberi makna yang cukup baik terhadap angket ini.

Kata Kunci: ranah afektif, skala likert, diferensi semantik, pendidikan agama islam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v5i6.2058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

View Journal Visitor Stats