Produktivitas Kerja Perempuan dalam Industri Rumah Tangga di Dusun Mlangi Yogyakarta

 Suprihatin Suprihatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tingkat produktivitas kerja perempuan dalam industri rumah tangga; (2) pengaruh motivasi kerja, jiwa kewirausahaan, dan keterampilan kerja terhadap produktivitas kerja.

Populasi penelitian adalah perempuan yang bekerja dalam industri rumah tangga konveksi di Dusun Mlangi. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Berdasarkan rumus Kohen diperoleh sampel sejumlah 108 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk memperoleh data kuandtas kerja, kualitas kerja, dan keterampilan kerja. Angket digunakan untuk memperoleh data motivasi kerja, jiwa kewirausahaan, dan produktivitas kerja. Dokumentasi digunakan untuk mengungkap data kuantitas dan kualitas kerja. Wawancara digunakan untuk memperoleh data kuandtas dan kualitas kerja. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan regresi ganda.

Hasil analisis menunjukkan tingkat produktivitas kerja tinggi, motivasi kerja cukup memadai, jiwa wirausaha yang cukup, dan ketrampilan kerja tinggL Analisis regresi ganda menunjukkan sumbangan motivasi kerja pada produktivitas kerja sebesar 5,9%, sumbangan jiwa kewirausahaan pada produktivitas kerja 6,4% dan sumbangan keterampilan kerja pada produktivitas kerja sebesar 13,4%. Analisis regresi juga menunjukkan ada pengaruh yang positif antara motivasi kerja, jiwa kewirausahaan, dan keterampilan kerja terhadap produktivitas kerja sebesar 35,4%.

Kata kunci: motivasi kerja, jiwa kewirausahaan, keterampilan kerja, produktivitas kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v6i2.2053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

Web
Analytics
View Journal Visitor Stats