Implementasi Sistem Jaminan Mutu (Quality Assurance) Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi

 Ari Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memonitor implementasi sistem jaminan mutu (Quality Assurance) proses pembelajaran jenjang SI di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unhrersitas Gadjah Mada. Fokus penelitian melipuri proses pelaksanaan, problema yang dihadapi, serta dampak atau perubahan yang dihasilkannya.

Model penelitian yang digunakan ialah monitoring kebijakan yang diadopsi dan teori William N. Dunn. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Responden yang dipilih dalam penelitian ini ialah Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi UGM, Ketua Jurusan Manajemen, Direktur Eksekutif QUE-Project Jurusan Manajemen, Dosen Jurusan Manajemen, para Kepala Sub Bagian, serta 200 mahasiswa Jurusan Manajemen yang dipilih secara acak. Teknik analisis data dilakukan dengan sajian tabel, sajian grafik, dalam hubungannya dengan fungsi monitor­ing yaittu compliance (kepatuhan), eksplanasi, auditing (pemeriksaan), dan akuntansL

Temuan pokok dalam penelitian ini ialah pelaksanaan sistem jaminan mutu proses pembelajaran di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UGM secara eksplisit dimulai sejak Jurusan ini menerima dukungan dana QUE-Project pada tahun 1998. Pelaksanaan program berjalan dan berhasil baik karena komitmen para pelaku, manajemen bagus dengan indikator yang bisa diukur, dan dukungan dana yang memadai. Dampak positif yang terjadi antara lain: (1) terciptanya kultur organisasi yang makin kondusif, (2) peningkatan mutu kinerja dosen, (3) mutu proses pembelajaran yang cukup baik, dan (4) tingkat kepuasan mahasiswa yang cukup tinggL Adapun problema yang dihadapi antara lain: (1) keterbatasan SDM karena cukup banyaknya dosen yang sedang menempuh studi lanjut, dan (2) tidak mudahnya mengintegrasikan antara penilaian kinerja dengan reward and punishment system.

Kata kunci: sistem jaminan mutu, pembelajarun diperguruan tinggL


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v6i1.2042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

Web
Analytics
View Journal Visitor Stats