Upaya Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran bahasa Inggris melalui Kreativitas Guru dalam Merancang Tugas-Tugas Komunikatif di SMA 2 Wonosari (Penelitian Tindakan Kelas)

Nurudin Prihartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap upaya meningkatkan keefektifan pembelajaran bahasa Inggris melalui kreativitas guru dalam merancang tugas-tugas komunikatif di SMA 2 Wonosari.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XC dan XD. Data penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data adalah guru sekaligus sebagai peneliti, kolaborator utama (guru bahasa Inggris kelas lain)} siswa, dan kepala sekolah (PTH) sebagai kolaborator pendukung. Teknik perolehan data adalah observasi dan wawancara. Observasi proses belajar mengajar dilakukan oleh guru peneliti dibantu kolaborator utama dan kepala sekolah. Untuk memperoleh data perilaku guru dan siswa, digunakan lembar observasi Wawancara dilakukan oleh guru peneliti dengan siswa, kolaborator utama, dan kepala sekolah untuk memperoleh data perilaku guru dan siswa, dengan menggunakan pedoman wawancara dan direkam dengan tape recorder. Data dianalisis dari catatan lapangan dan hasil wawancara. Untuk menghindari subjekdvitas, peneliti meng-gunakan triangulasL

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perubahan positif yakni: proses belajar mengajar bahasa Inggris menjadi lebih aktif; siswa lebih aktif dalam pembelajaran; siswa lebih berani berbahasa Inggris; siswa lebih antusias dalam pembelajaran; guru bahasa Inggris kelas lain dan Kepala Sekolah mendapat pengetahuan dan pengalaman dalam perancangan dan penerapan tugas-tugas komunikatif serta pengelolaan interaksi guru-siswa; dan guru peneliti lebih percaya diri dalam mengajarkan bahasa Inggris.

Kata Kunci: keefektifan pembelajaran bahasa inggris, kreativitas guru, merancang tugas komunikatif.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21831/pep.v7i1.2031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): 1410-4725 || Online ISSN (e-ISSN): 2338-6061

Creative Commons License
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View Journal Visitor Stats