Proses Pendidikan Budi Pekerti di Taman Muda Majelis Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta

Kurotul Aeni

Abstract


Penelitdan ini bertujuan memperoleh gambaran yang objektif dan komprehensif tentang proses pendidikan budi pekerti di Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru/pamong, dan siswa kelas VA, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan partisipasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pencapaian keabsahan data dilakukan dengan melakukan pengamatan secara terus-menerus dalam waktu yang relatif lama, triangulasi dengan teknik pengumpulan data ganda dan sumber data ganda, dan member check. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data, dengan menggunakan model interakuf yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan simpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Taman Muda substansi pendidikan budi pekerti dipadukan/diintegrasikan dalam pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas pada semua inata pelajaran, namun belum terprogram. Proses pendidikan budi pekerti di Taman Muda lebih menekankan nilai-nilai kekeluargaan dan nilai kedisiplinan, metode ceramah dan tanya jawab masih digunakan secara dominan.

Kata kunci: pendidikan budi pekerti, taman muda tamansiswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v7i1.2027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

View Journal Visitor Stats