KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DI MADRASAH ALIYAH YOGYAKARTA

Authors

  • Sri Rahmiyati

DOI:

https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pemanfaatan laboratorium di Madrasah Aliyah di kota Yogyakarta. Variabel penelitian adalah kelengkapan sarana prasarana laboratorium, kemampuan guru dan teknis pengelolaan laboratorium. Subjek penelitian ini adalah empat Madrasah Aliyah di kota Yogyakarta yang memiliki laboratorium. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelengkapan sarana prasarana laboratorium berada pada kategori baik. Kemampuan guru pada kategori baik. Teknis pengelolaan laboratorium pada kategori baik. Supervisi/evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah pada kategori cukup. Sikap siswa terhadap pembelajaran kimia menggunakan laboratorium pada kategori sangat baik. Faktor-faktor determinan pembelajaran kimia menggunakan laboratorium meliputi kelengkapan sarana prasarana laboratorium, kemampuan guru dan teknis pengelolaan laboratorium.

Kata kunci: keefektifan, laboratorium, madrasah aliyah

References

Departemen Agama. (2002). Panduan teknis pengelolaan laboratorium kimia.Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

____.(1995). Pedoman pendayagunaan laboratorium dan alatpendidikan IPA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Lynn, V.C., & Nixon, J.E. (1985). Physical education: teacher education. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nyoman Kertiasa. (2006). Laboratorium sekolah dan pengelolaannya.Jakarta: Pudak Scientific.

Pusat Kurikulum. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta:Balitbang Depdiknas.

Syah, M. (2006). Psikologi belajar. Jakarta: PT.RadjaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2013-09-17

How to Cite

Rahmiyati, S. (2013). KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DI MADRASAH ALIYAH YOGYAKARTA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1420

Issue

Section

Articles