KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DI MADRASAH ALIYAH YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1420Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pemanfaatan laboratorium di Madrasah Aliyah di kota Yogyakarta. Variabel penelitian adalah kelengkapan sarana prasarana laboratorium, kemampuan guru dan teknis pengelolaan laboratorium. Subjek penelitian ini adalah empat Madrasah Aliyah di kota Yogyakarta yang memiliki laboratorium. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelengkapan sarana prasarana laboratorium berada pada kategori baik. Kemampuan guru pada kategori baik. Teknis pengelolaan laboratorium pada kategori baik. Supervisi/evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah pada kategori cukup. Sikap siswa terhadap pembelajaran kimia menggunakan laboratorium pada kategori sangat baik. Faktor-faktor determinan pembelajaran kimia menggunakan laboratorium meliputi kelengkapan sarana prasarana laboratorium, kemampuan guru dan teknis pengelolaan laboratorium.
Kata kunci: keefektifan, laboratorium, madrasah aliyahReferences
Departemen Agama. (2002). Panduan teknis pengelolaan laboratorium kimia.Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
____.(1995). Pedoman pendayagunaan laboratorium dan alatpendidikan IPA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Lynn, V.C., & Nixon, J.E. (1985). Physical education: teacher education. New York: John Wiley and Sons, Inc.
Nana Sudjana. (2002). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nyoman Kertiasa. (2006). Laboratorium sekolah dan pengelolaannya.Jakarta: Pudak Scientific.
Pusat Kurikulum. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta:Balitbang Depdiknas.
Syah, M. (2006). Psikologi belajar. Jakarta: PT.RadjaGrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright transfer agreement form can be downloaded here: [JPEP Copyright Transfer Agreement Form]
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jurnalhepi@uny.ac.id
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.