Pengaruh SSP tematik terhadap peningkatkan karakter kejujuran dan disiplin peserta didik kelas I SD

 Masnur Masnur

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) tematik dan pembelajaran tematik yang tidak menggunakan SSP tematik terhadap peningkatan karakter kejujuran dan disiplin peserta didik pada tema peristiwa alam semester genap kelas I SDN di Kecamatan Ujung kota Parepare tahun ajaran 2013/2014. Penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent groups pretest-posttest design ini mengandung satu variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas adalah Subject Specific Pedagogy (SSP) tematik sedangkan variabel terikat adalah karakter kejujuran dan disiplin. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare. Sampel dipilih dengan tekhnik purposive sampling, sehingga didapat tiga kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan SSP tematik, dan kelompok kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran tematik yang tidak menggunakan SSP tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan teknik observasi. Teknik angket digunakan untuk mengetahui nilai karakter kejujuran dan disiplin peserta didik. Teknik observasi digunakan untuk mengungkap perilaku karakter kejujuran dan disiplin peserta didik. Teknik analisis data digunakan adalah Analisys of Variance (ANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini adalah SSP tematik secara signifkan berpengaruh positif terhadap peningkatan karakter kejujuran peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran tematik yang tidak menggunakan SSP tematik diperoleh p < α yaitu p = 0,000 < α = 0,05 dengan F = 27,890; dan karakter disiplin peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran tematik diperoleh p < α yaitu p = 0,000 < α = 0,05 dengan F= 9,294.

Kata kunci: Subject Specific Pedagogy tematik, kejujuran, disiplin


The effect of SSP thematic on the increase of characters honesty and discipline of grade 1 elementary school students


Abstract

The objective of this study was to determine the different effect between Subject Specific Pedagogy (SSP) thematic and those are not using SSP thematic on students’ characters honesty and discipline, for phenomenon nature theme of grade I of second semester in elementary school students in the academic year of 2013/2014.This is a quasi experimental research with pretest and posttest nonequivalent control group design consisting of one independent variable and two dependent variables. The population comprised year X grade 1 elementary school student in Parepare City Sub-district Ujung. A sample of three classes was established using purposive sampling technique. The first experimental class and second experimental class was taught by using SSP thematic, and the control class was taught using the those are not using SSP thematic. The data were collected through observation and questionnaire. The questionnaire technique was the used to know the student’s characters honesty and discipline value. The observation technique was used to express student of characters honesty and discipline behavior. The data were analyzed of variance (ANOVA) test for the significance level of 0.05.The result of this study is SSP thematic significantly positive effects on student’s increase of characters honesty compared to those are not using SSP thematic the results showed p < α that is p = 0,000 < α = 0.05 with F = 27.890; and SSP thematic significantly positive effects on students increase of characters discipline compared to those are not using SSP thematic the results showed p < α that is p = 0,000 < α = 0.05 with F = 9.294.

Keyword: SSP, thematic, honesty, discipline


Keywords


Subject Specific Pedagogy tematik; kejujuran; disiplin

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Berk, L. E. (2007). Development through the lifespan. Boston: Pearson Allyn and Bacon.

California State University Northridge. (2006). Effective teaching. Teachers for a New Era. [Online]. Available: http://www.csun.edu/tne/effective%20teaching%20jan%2006%20FINAL.pdf. Diakses pada tanggal 27 juni 2014.

Kemendikbud. (2013a). Permendikbud RI No. 70 Tahun 2013. Kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan.

Lickona, T. (1991). Educating for character : how our schools can teach respect and responsibility. Nuw York: Bantam.

Paimun, P., & Masruri, M. S. (2014). Pengembangan subject spesific pedagogy tematik untuk meningkatkan kejujuran dan kedisiplinan siswa kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 194–208. http://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2719

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

McMillan, J.H., & Schumacher, S. (2010). Research in education: Evidence-based inquiry. 7th ed. New York: Pearson Education. Inc.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Prima Edukasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prima Edukasia indexed by:Creative Commons License
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

View Prima Edukasia Journal Stats