Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V

 Dian Mariya Ulfah, Sunaryo Soenarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media video terhadap keterampilan menulis kembali isi cerita siswa kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia; (2) pengaruh media gambar terhadap keterampilan menulis kembali isi cerita siswa kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia; dan (3) perbedaan pengaruh media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kembali isi cerita kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen, sedangkan desainnya randomized control-group pretestt-posttestt. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SDN Se-gugus V Kasihan-Bantul, pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data berupa pelaksanan tes unjuk kerja. Instrumen penilaian menulis diukur dengan uji validitas isi dan uji reliabilitas inter-rater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) media video berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05; (b) media gambar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis dengan taraf signifikan 0,022 < 0,05; dan (c) terdapat perbedaan pengaruh media video dan gambar yang signifikan terhadap keterampilan menulis dengan taraf signifikan 0,043 < 0,05.

Kata Kunci: media video, media gambar, keterampilan menulis kembali isi cerita

 

The effectiveness of implementing video and picture media ofwriting skills in fifth grade students of Elementary School


Abstract

The purpose of this study are to find out (1) the effect of video on writing skills in fifth grade students of Elementary School in Indonesian learning, (2) the of picture series on writing skills in fifth grade students of Elementary School in Indonesian learning, (3) the differences of  video and picture series on writing skills in fifth grade students of Elementary School in Indonesian learning. This study used quasi experimental, and the design used randomized control-group pretestt-posttestt. The participants of this study were the whole students of the fifth grade of 5 Clusters Kasihan-Bantul Sub-District. The research variables consisted of independent variable and dependent variable. The data collection technique was conducted by test performance. Writing assessment instruments measured by content validity and inter-rater reliability tests. The results showed that (1) video media gives a positive and significant on writing skills in fifth grade students of Elementary School with sig 0,000 < 0,05 (2) picture media gives a positive and significanton writing skills in fifth grade students of Elementary School with sig 0,022 < 0,05 (3) There is significan different effect between video and picture series on on writing skills in fifth grade students of Elementary School with sig 0,043 < 0,05.

Keywords: videos, picture series, writing skills to rewrite a story


Keywords


media video; media gambar; keterampilan menulis kembali isi cerita

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Carrol, H., & Holly, Y. (2006). A comparison study of the effects of a story-based video instructional package versus a text-based instructional package in the intermediate-level foreign language classroom. Calico Journal, Vol.23, 2.

Daryanto. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djiwandono, S. (2011). Tes bahasa pegangan bagi pengajar bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Gintings, A. (2010). Esensi praktis belajar & pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pembelajaran.Yogjakarta: Diva Press.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Langan, J. (2008). Exploring writing: paragraph and essays. New York: McGraw-Hill Companies.

Sadiman, A.S., et.al. (2014). Media pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Pringgawidagda, S. (2002). Strategi penguasaan berbahasa. Yogjakarta: Adicita Karya Nusa.

Rusman. (2013). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: mengembangkan profesionalisme guru abad 21 Jakarta: Alfabeta,cv.

Smaldino, S.E., et.al. (2008). Instructional technology and media for learning (9thed.). New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2011). Media pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Suryabrata, S. (2013). Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tompkins, G.E. (1994). Teaching writing balancing process and product (2rd ed.). New York: Macmillan College publishing company.

Tompkins, G.E., & Hoskisson, K. (1995). Langguage arts: content and teaching strategies (3rd ed.). Engelewood, NJ: A Simon & Schuster Company.

Zuhdi, D. & Rofi’udin, A. (2002). Pendidikan bahasa dan sastra indonesia di kelas tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Zulela. (2013). Pembelajaran bahasa indonesia; apresiasi sastra di sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Prima Edukasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prima Edukasia indexed by:Creative Commons License
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

View Prima Edukasia Journal Stats