PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU GAMBAR DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK KELAS I SD

Authors

  • Asih Mardati Prodi S-1 PGSD Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Nur Wangid Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Keywords:

media permainan kartu gambar, make a match, tematik-integratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media permainan kartu gambar dengan teknik make a match yang layak bagi peserta didik dan mengetahui efektifitas media permainan kartu gambar pada pembelajaran tematik-integratif dengan teknik make a match untuk peserta didik kelas 1 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Dick dan Carey. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas 1 SD N Percobaan 3 Pakem tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 orang peserta didik kelas IB pada uji coba kelompok kecil dan 29 orang peserta didik kelas 1A pada uji coba kelompok besar. Hasil penilaian ahli menunjukkan menunjukkan media permainan kartu gambar dengan teknik make a match pada pembelajaran tematik-integratif layak digunakan dengan kriteria "Sangat Baik".Uji coba kelompok kecil hasilnya adalah mendapat respon yang positif dengan kriteria "Baik". Uji coba kelompok besar digunakan untuk menguji keefektifan dan kepraktisan penggunaan produk. Keefektif-an ditinjau dari hasil belajar peserta didik menunjukkan ada perbedaan rata-rata 81,41 menjadi 85,12. Ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai sigifikansi sebesar 0,001 dengan taraf signifikansi 0,005. Kepraktisan penggunaan media ditinjau dari hasil observasi guru diperoleh persentase 95% dan hasil observasi peseta didik diperoleh 88,75% dengan masing-masing kriteria kepraktisan sama yaitu "Sangat Praktis".

Kata Kunci: Media permainan kartu gambar, Make a match, Tematik-integratif.

 

DEVELOPING PICTURE CARD GAME MEDIA WITH MAKE A MATCH TEHNIQUE FOR FIRST GRADE ELEMENTARY SCHOOL

Abstract

The aims of this research are to determine picture card media with make a match tehniques suitable to students and determine the effectiveness of picture card game media to the thematic-integrative learning with make a match technique for students class 1 Primary School. Type of this research is the research and development. Development is done referring to Dick and Carey model of development through 9 stages. Subjects research trial was students class 1 Primary School Percobaan 3 Pakem 2013/2014 school year consisting of 9 students from class 1B on a small group test and 29 students in the class 1A on a large group test. The results of experts, assessment showed picture card game media with make a match on techniques of make thematic-integrative learning fit for use with "excellent category". Small group trial get positive respond as "good criteria". Big group trial tested effectiveness and product-used practicality. Effectiveness in terms result of student study showed different mean 81.41 become 85.12. Any increased result of student study showed significance value 0,001 with taraf significance 0,005. Practicality of media-used showed from teacher observation results obtained percentage of 95% and the observation of the students obtained 88.75%, respectively with the same practicality criteria, namely "Highly Practical".

Keywords: picture card game media, make a match, thematic-integrative learning.

Author Biographies

Asih Mardati, Prodi S-1 PGSD Universitas Ahmad Dahlan

Asih Mardati lahir di Sungailiat, 25 agustus 1989. Sekarang tinggal di Pandanpuro, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Lulus S1 Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2012, dan lulus S2 Penddikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2014. Saat ini bekerja sebagai dosen Prodi S-1 PGSD di Universitas Ahmad Dahlan, Jl.Ki Ageng Pemanahan No.19 Yogyakarta.

Muhammad Nur Wangid, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

Lektor kepala Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dengan bidang keahlian Psikologi Pendidikan. Pendidikan yang pernah di tempuh S-1 Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling IKIP Yogyakarta (1985-1990), S-2 Ketahanan Nasional UGM (1994-1997), S-3 Psikologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (2001-2006). Saat ini penulis bekerja sebagai dosen di Jurusan Psikologi dan Bimbingan Konseling FIP UNY dan Dosen Prodi S-2 Pendidikan Dasar PPs Universitas Negeri Yogyakarta.

References

Assyauqi. (2009). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk permainan ber-gambar berbantuan komputer dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Barabai kelas VIII. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Buto, Z.A., (2010). Implikasi teori pembel-ajaran jerome Bruner dalam nuansa pendidikan modern. Millah edisi khusus Desember 2010. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2014 dari http://journal.uii.ac.id/index.php/millah/article/view/2351/2146

Chin-Sheng, Wan. (2007). The motivations of adolescents who are addicted to online games: a cognitive perspective. Adolescence. 42, 179-97.

Dell'Olio, J.M. & Donk, T. (2007). Models of teaching. California: Sage Publictaions, Inc.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction. (6th ed). Boston: Pearson

Hajar, I. (2013). Panduan lengkap kurikulum tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press

Hergenhahn, B.R. & Olson, M.H. (2008). Theories of learning (Edisi ketujuh) (Terjemahan Tri Wibowo B.S. 2010). USA: Prentice-Hall, Inc. (buku asli diterbitkan tahun 2008).

Liao, S.Y. (2012). The application of piaget and bruner's cognitive-developmental theory in children's dance teaching. The International Journal of Art Education, 10 (2). 185-186.

Liu, M.C. & Wang, J.-Y. (2010). Investigating knowledge integration in web-based thematic learning using concept mapping assessment. Educational Technology & Society, 13 (2), 25–39.

Piu, A. & Fregola, C. (2011). Simulation and gaming for mathematical education: epistemology and teaching strategies. Hersey PA: IGI Global

Naylor, M. (2004). Math is in the cards. Proquest educational journals, 3, (1), 38-39.

Rahmawati. (2012). Pengaruh media kartu bergambar terhadap motivasi dan hasil belajar pecahan di SD Negeri Murung Sari 1 A Muntai. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakrata.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran mengambangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Santrock, J.W. (2009). Psikologi pendidikan. Educational psychology (Edisi Ketiga Buku I) (Terjemahan Diana Angelica). New York: McGraw-Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2008).

Schunk, D.H. (2012). Learning theories an educational perspective (Edisi keenam) (Terjemahan Eva Hamidah & Rahmat Fajar). Boston: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2011)

Sudjana & Rivai. (2010). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Soewandi, S. (2005). Perspektif pembelajaran di berbagai bidang. Yogyakarta: USD

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Wigati, A. W. (2009). Pengembangan media pembelajaran IPA sekolah dasar berbantuan permainan ular tangga. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Zemliansky, P. & Wilcox, D. M., (2010). Design and impementation of educational games: theoritical and practical perspectives. Pennsylvania: Yurchak Printing Inc.

Downloads

Published

2015-07-15

How to Cite

Mardati, A., & Wangid, M. N. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU GAMBAR DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK KELAS I SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Issue

Section

Articles