PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA ANAGRAM DALAM METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Sagan Yogyakarta menggunakan media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilak-sanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Jenis tindakan yang diterapkan adalah media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Tindakan dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu, tahap presentasi kelas, tahap diskusi kelompok, tahap permainan turnamen, dan yang terakhir tahap penghargaan kelompok. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV SD Negeri Sagan Yogyakarta.Kata kunci: penguasaan kosakata, media anagram, pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament.
Downloads
Published
2014-01-01
How to Cite
Barnaba, H. Y., & Tou, A. B. (2014). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA ANAGRAM DALAM METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.