PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA ANAGRAM DALAM METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Authors

  • Hengki Yudha Barnaba
  • Asruddin Barori Tou Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Sagan Yogyakarta menggunakan media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilak-sanakan dalam  dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Jenis tindakan yang diterapkan adalah media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Tindakan dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu, tahap presentasi kelas, tahap diskusi kelompok, tahap permainan turnamen, dan yang terakhir tahap penghargaan kelompok. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV SD Negeri Sagan Yogyakarta.

Kata kunci: penguasaan kosakata, media anagram, pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament.

Downloads

Published

2014-01-01

How to Cite

Barnaba, H. Y., & Tou, A. B. (2014). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA ANAGRAM DALAM METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646

Issue

Section

Articles