KARAKTERISTIK SOAL UASBN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Deri Anggraini, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
Pujiati Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan karakteristik soal UASBN Bahasa Indonesia di DIY tahun 2008/2009. Perangkat tes ditelaah dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif berdasarkan teori tes klasik menggunakan MicroCAT Iteman versi 3.00 dan teori tes modern menggunakan MicroCAT Bigsteps versi 2.30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara teoretis, 100% butir soal berkualitas baik dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, (2) secara empiris dengan teori tes klasik, 11 butir soal berkualitas baik (22%) dengan rerata tingkat kesukaran  0,759 (mudah), rerata daya beda 0,701 (sangat baik), distribusi respons yang berfungsi 32%, dan indeks reliabilitas 0,933 (handal), (3) secara empiris dengan teori respons butir, 39 butir soal berkualitas baik (78%) dengan rerata tingkat kemampuan peserta 1,92 (tinggi), 49 butir soal cocok, fungsi informasi tes 87,76%, dan 44 butir (89,80%) butir soal dengan tingkat kesukaran sedang, (4) secara teoretis dan empiris, 8 butir soal berkualitas baik (16%), (5) tingkat konsistensi hasil analisis teori tes klasik dan teori respons butir sebesar -0,068 (inkonsisten).

Kata kunci: karakteristik soal, UASBN, analisis kualitatif, Iteman, Bigsteps


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats