PENGEMBANGAN BUKU TEKS TEMATIK TEMA PERMAINAN UNTUK KELAS III SDN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA

Yohannes Kurniawan Barus, Djukri Djukri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks tematik “tema Permainan”. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Dissemination. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tridadi yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Penilaian dari ahli materi dan media terhadap buku teks tematik tema permainan ditinjau dari aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik”, aspek penyajian berkategori “Sangat Baik”, aspek kebahasaan berkategori “Sangat Baik”, dan aspek kegrafikan berkategori “Sangat Baik”. Penilaian dari guru aspek kelayakan isi berkategori “Baik”, aspek penyajian “Sangat Baik”, aspek kebahasaan berkategori “Baik”, dan aspek kegrafikan berkategori “Baik”. (2) Respon siswa terhadap buku teks yang dikembangkan menunjukkan respons yang “Baik”, (3) Efektivitas buku teks tematik yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Tinggi”, ditunjukkan dari rerata skor gain seluruh siswa kelas III dalam uji coba terbatas dan diperluas sebesar 0,71.

Kata kunci: pengembangan, buku teks tematik, tema permainan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats