MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA SD

Authors

  • Achmad Basari Eko Wahyudi SD Negeri Tridadi Sleman daerah Istimewa Yogyakarta
  • Siti Partini Suardiman Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar IPS menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Tridadi Sleman. Peningkatan karakter difokuskan pada tiga aspek yaitu kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS dengan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan karakter siswa. Peningkatan kejujuran, kerja sama dan tanggung jawab dari Siklus I, II, dan III dimana kejujuran pada Siklus I, II, dan III berturut-turut 42,85%, 52,9%, dan 67%. kerja sama Siklus I, II, dan III memperoleh 42,14%, 51,9%, dan 62%. Sedangkan tanggung jawab pada Siklus I, II, dan III secara berurutan 44,6%, 54,1%, dan 64,1%. Peningkatan hasil belajar pada Siklus I, II, dan III berturut-turut 66,5, 72,92 dan 74,85. Jadi penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tridadi Sleman.

Kata kunci: karakter, hasil belajar kognitif, bermain peran, kejujuran, kerja sama dan tanggung jawab.

 

Downloads

How to Cite

Wahyudi, A. B. E., & Suardiman, S. P. (2013). MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA SD. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2629

Issue

Section

Articles