MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2629Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar IPS menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Tridadi Sleman. Peningkatan karakter difokuskan pada tiga aspek yaitu kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS dengan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan karakter siswa. Peningkatan kejujuran, kerja sama dan tanggung jawab dari Siklus I, II, dan III dimana kejujuran pada Siklus I, II, dan III berturut-turut 42,85%, 52,9%, dan 67%. kerja sama Siklus I, II, dan III memperoleh 42,14%, 51,9%, dan 62%. Sedangkan tanggung jawab pada Siklus I, II, dan III secara berurutan 44,6%, 54,1%, dan 64,1%. Peningkatan hasil belajar pada Siklus I, II, dan III berturut-turut 66,5, 72,92 dan 74,85. Jadi penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tridadi Sleman.Kata kunci: karakter, hasil belajar kognitif, bermain peran, kejujuran, kerja sama dan tanggung jawab.
Downloads
How to Cite
Wahyudi, A. B. E., & Suardiman, S. P. (2013). MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA SD. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2629
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.