PENGARUH PENERAPAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DI SD SENDANGADI 1

Authors

  • Septiyati Purwandari Lembaga Pendidikan Anak "Rumahku Tumbuh"
  • Siti Partini Suardiman Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD untuk mengem-bangkan sikap ramah lingkungan siswa SD Sendangadi 1 Mlati Sleman Yogyakarta. Metode peneliti-an eksperimen kuasi pola nonequivalent control group design. Subjek penelitian siswa kelas V SD Sendangadi I tahun ajaran 2011/2012. Data hasil penelitian diolah melalui program SPSS for windows dengan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS pada group eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan group kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata posttes setelah eksperimen sebe-sar 68.03 sedangkan pretes sebelum eksperimen diperoleh hasil rata-rata tes sebesar 63.91. Nilai signi-fikan equal variances assumed dari hasil belajar kurang dari 0,05 yaitu 0.000. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS Berwawas-an Lingkungan untuk mengem-bangkan sikap ramah lingkungan.

Kata Kunci: IPS, wawasan lingkungan, sikap, lingkungan hidup

Downloads

Published

2013-01-01

How to Cite

Purwandari, S., & Suardiman, S. P. (2013). PENGARUH PENERAPAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DI SD SENDANGADI 1. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2332

Issue

Section

Articles