PENGARUH PENERAPAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DI SD SENDANGADI 1
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2332Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD untuk mengem-bangkan sikap ramah lingkungan siswa SD Sendangadi 1 Mlati Sleman Yogyakarta. Metode peneliti-an eksperimen kuasi pola nonequivalent control group design. Subjek penelitian siswa kelas V SD Sendangadi I tahun ajaran 2011/2012. Data hasil penelitian diolah melalui program SPSS for windows dengan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS pada group eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan group kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata posttes setelah eksperimen sebe-sar 68.03 sedangkan pretes sebelum eksperimen diperoleh hasil rata-rata tes sebesar 63.91. Nilai signi-fikan equal variances assumed dari hasil belajar kurang dari 0,05 yaitu 0.000. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS Berwawas-an Lingkungan untuk mengem-bangkan sikap ramah lingkungan.Kata Kunci: IPS, wawasan lingkungan, sikap, lingkungan hidup
Downloads
Published
2013-01-01
How to Cite
Purwandari, S., & Suardiman, S. P. (2013). PENGARUH PENERAPAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DI SD SENDANGADI 1. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2332
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.