PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN SOP KONFIRMASI KEPUTUSAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII PEMASARAN 1 (XIIPM1) SMK N I BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.21831/jim.v16i1.25061Keywords:
Kemampuan melakukan SOP, konfirmasi keputusan pelanggan, metode demonstrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka peningkatan kemampuan melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan dengan menggunakan metode demonstrasi pada peserta didik Kelas XIIPM SMK N I Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang menggunakan siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII PM1 dan objek penelitian ini adalah kemampuan melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan dengan menggunakan metode demonstrasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validitas data yang digunakan adalah validitas demokratis, validitas proses, dan validitas dialogis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan. Hal ini terbukti dari berbagai respon peserta didik yang menyatakan bahwa mereka menjadi lebih jelas, lebih mudah, lebih paham karena metode demonstrasi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati dan mempraktikkan secara langsung dalam melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I sebanyak 16 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 6 kali pertemuan. Indikator keberhasilan hasil penelitian tindakan kelas diukur dari keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses ditunjukkan dengan meningkatnya sikap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Keberhasilan produk dapat dilihat dari hasil tes tertulis dan hasil praktik demonstrasi SOP konfirmasi keputusan pelanggan. Hasil tes tertulis dan praktik SOP konfirmasi keputusan pelanggan menunjukkan hasil yang selalu meningkat mulai dari siklus I sampai pada siklus II. Hasil pre test sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas 46,45, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil tes tertulis menunjukkan nilai rata-rata kelas 79,67, sebanyak 20 anak dinyatakan telah kompeten dan 11 anak saja yang belum kompeten, sedangkan berdasarkan hasil nilai praktik sebanyak 17 anak telah mampu melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan dan 14 anak dinyatakan belum mampu. Pada siklus II, hasil tes tertulis menunjukkan nilai rata-rata kelas 90,97 sebanyak 28 atau 90.32% anak telah KKM dan 3 atau 9,68% anak belum KKM, dan jika dilihat dari nilai praktik sebanyak 31 atau 100% anak telah mampu melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan. Indikator keberhasilan tindakan kelas ini adalah jika sebanyak 85% telah KKM dengan nilai KKM yang ditetapkan sekolah 77.
References
Anitah, Sri. (2009). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas, (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Fathur Rohman, Pupuh, (2007). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.
J Hasibuan, Mujiono, (2006) , Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Rosdakarya.
Kurniawan, B. (2014). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Pada Materi Gaya Magnet Siswa Kelas V SDN O3 Pelabai Kabupaten Lebong (Skripsi), Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Madya, S. (1994). Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Rasyad, Aminuddin. (2006). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama, Jakarta: Bumi Aksara.
Sukamti . (2005). Peningkatan Kemampuan Apresiasi sastra dalam Pembelajaran Bahasa dan Satra Indonesia Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas II Akuntansi SMK Negeri I Bantul, Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UNY.
Sutrisno dkk. (2006). Konfirmasi Keputusan Pelanggan. Jakarta: Yudhistira
Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sayiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
http://www.definisi-pengertian.com/2015/07/definisi-pengertian-pelanggan.html
http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode"demonstrasi"dalam"belajar.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
An author who publishes in the journal "Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)" agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
All materials in this site are protected by the law. It is prohibited to quote a part of or all of this website contents for commercial purposes without the permission or consent of the editors.
If anyone finds one article or more in this journal violate or potentially violate one's copyrights, please report to us through e-mail of Principle Contact.
Legal-formal aspects of accessing any information and manuscript in this journal website refer to the provision of license Creative Commons Attribution-Share Alike (CC BY-SA). Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
All information available in 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is academic in nature. 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is not responsible for loss due to the abuse of information in the website.