PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN SOP KONFIRMASI KEPUTUSAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII PEMASARAN 1 (XIIPM1) SMK N I BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Aris Purwantinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka peningkatan kemampuan melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan dengan menggunakan metode demonstrasi pada peserta didik Kelas XIIPM SMK N I Bantul  tahun ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang menggunakan siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII PM1 dan objek penelitian ini adalah kemampuan melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan dengan menggunakan metode demonstrasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validitas data yang digunakan adalah validitas demokratis, validitas proses, dan validitas dialogis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan. Hal ini terbukti dari berbagai respon peserta didik yang menyatakan bahwa mereka menjadi lebih jelas, lebih mudah, lebih paham karena metode demonstrasi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati dan mempraktikkan secara langsung dalam melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I sebanyak 16 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 6 kali pertemuan. Indikator keberhasilan hasil penelitian tindakan kelas diukur dari keberhasilan proses dan keberhasilan produk.  Keberhasilan proses ditunjukkan dengan meningkatnya sikap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Keberhasilan produk dapat dilihat dari hasil tes tertulis dan hasil praktik demonstrasi SOP konfirmasi keputusan pelanggan.  Hasil tes tertulis dan praktik SOP konfirmasi keputusan pelanggan menunjukkan hasil yang selalu meningkat mulai dari siklus I sampai pada siklus II. Hasil pre test sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas 46,45, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil tes tertulis menunjukkan nilai rata-rata kelas 79,67, sebanyak 20 anak dinyatakan telah kompeten dan 11 anak saja yang belum kompeten, sedangkan berdasarkan hasil nilai praktik sebanyak 17 anak telah mampu melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan dan 14 anak dinyatakan belum mampu. Pada siklus II, hasil tes tertulis menunjukkan nilai rata-rata kelas 90,97   sebanyak 28 atau 90.32% anak telah KKM dan 3 atau 9,68% anak belum KKM, dan jika dilihat dari nilai praktik sebanyak 31 atau  100% anak telah mampu melakukan SOP konfirmasi keputusan pelanggan. Indikator keberhasilan tindakan kelas ini adalah jika sebanyak 85% telah KKM dengan nilai KKM yang ditetapkan sekolah 77.


Keywords


Kemampuan melakukan SOP; konfirmasi keputusan pelanggan; metode demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. (2009). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas, (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Fathur Rohman, Pupuh, (2007). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.

J Hasibuan, Mujiono, (2006) , Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Rosdakarya.

Kurniawan, B. (2014). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Pada Materi Gaya Magnet Siswa Kelas V SDN O3 Pelabai Kabupaten Lebong (Skripsi), Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Madya, S. (1994). Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Rasyad, Aminuddin. (2006). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama, Jakarta: Bumi Aksara.

Sukamti . (2005). Peningkatan Kemampuan Apresiasi sastra dalam Pembelajaran Bahasa dan Satra Indonesia Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas II Akuntansi SMK Negeri I Bantul, Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UNY.

Sutrisno dkk. (2006). Konfirmasi Keputusan Pelanggan. Jakarta: Yudhistira

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sayiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

http://www.definisi-pengertian.com/2015/07/definisi-pengertian-pelanggan.html

http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode‐demonstrasi‐dalam‐belajar.html

http://www.gurupendidikan.co.id/




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v16i1.25061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats