PELUANG KERJA LULUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

 Aula Ahmad Hafidh Saiful Fikri, Tejo Nurseto, Ali Muhson, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Pendidikan tinggi memiliki peran yang besar dalam menyiapkan sumber daya yang berkualitas sehingga diharapkan mampu mengatasi masalah pengangguran, namun jumlah penganggur di kalangan terdidik justru terus mengalami peningkatan. Tracer studi ini bertujuan untuk mengetahui masa tunggu, persebaran, dan tingkat relevansi pekerjaan Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah alumni Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY lulusan tahun 2007 s.d. 2016. Sampel diambil secara convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama termasuk dalam kategori cepat; peluang kerja lulusan terbesar untuk pekerjaan pertama masih didominasi oleh pegawai swasta, tenaga pengajar/tentor, dan guru swasta; relevansi lulusan dengan pekerjaan yang ditekuni saat ini tergolong cukup baik; dan kinerja lulusan termasuk dalam kategori baik. 


Keywords


peluang kerja; masa tunggu; persebaran pekerjaan; relevansi pekerjaan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2009). Data Pengangguran Terbuka. www.bps.go.id

Badan Pusat Statistik. (2014). Klasifikasi Baku Jenis Pekerjaan Indonesia KBJI 2014. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan dan Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2017).Tenaga Kerja. https://www.bps.go.id/subjek/view/id/6

Citradewi, A. & Margunani (2016). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 519-531.

Dewojati, D., dkk. (2002). Peta Alumni Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan FBS Universitas Negeri Yogyakarta pada Dunia Kerja. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FBS UNY.

Engkoswara. (2001). Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung: Yayasan Amal Keluarga.

Herlinah. (2007). Penelusuran Alumni Jurusan Pendidikan Seni Tari Tahun 2000-2006. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FBS UNY

Kobstan, D.W. (2005) Pengaruh latar belakang demografi terhadap kecepatan memperoleh pekerjaan di sektor perdagangan dan industri di Semarang. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Kusnendi dkk. (2003). Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Alam. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhson, A., dkk. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia, 8(1), 42-52.

Mulyadi, dkk. (2006). Studi Penelusuran Alumni (Tracer Study) Program Studi S1 Pendididikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FIP UNY.

Simanjuntak, P.J. (1998). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudjana, S. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumardiningsih, S. dkk. (2016). Analysis of Human Resources Investment In Economics Education Study Program. Proceeding of International Symposium on the Transition from School to Work. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 14-21.

Tempo (2016). BPS: Pengangguran Terbuka di Indonesia Capai 7,02 Juta Orang. Tempo Online. Diambil dari https://m.tempo.co pada tanggal 23 Maret 2017

Undang-undang RI Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. http://pkbl.bumn.go.id/file/UU-13-2003-ketenagakerjaan.pdf

Wahyuni, D., dkk. (2014). Daya Saing, Tingkat Keterserapan, dan Relevansi Lulusan Pendidikan Ekonomi FE UNY dalam Dunia Kerja. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FE UNY

Yoon, J., Han, N.C., & Seo, Y.J. (1996) Sense of Control Among Hospital Employees: An Assessment of Choice Process, Empowerment, and Buffering Hypotheses. Journal of Applied Social Psychology, 26(8), 686-716.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Citation & Indexing:

 

Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International