Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS

Wien Murniati, Sugiharsono *,

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan media (2) mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran, (3) menemukan kendala dan pendorong. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 28 siswa kelas VIII.5 SMPN 1 Wiradesa tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas proses pembelajaran pada pratindakan 1,68 (Kurang), siklus I 2,98 (Baik), dan siklus II 3,72 (Sangat Baik). Kualitas hasil belajar menunjukkan peningkatan: (1) ranah kognitif, pratindakan rerata nilai 76,43 dan ketuntasan kelas 46%, siklus I 85,17 dan 89%, siklus II 88,84 dan 93%, (2) ranah afektif, siklus I rerata nilai 79 (Baik) dan siklus II 82 (Baik), (3) ranah psikomotorik, siklus I rerata nilai 84 (Baik) dan siklus II 98 (Sangat Baik), dalam penerapannya tidak ada kendala yang berarti dengan didukung input siswa dan lingkungan sekolah yang baik.

Kata Kunci: pendekatan kontekstual, media, kualitas pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats