Pengaruh motivasi, keyakinan diri, dan persepsi siswa terhadap apresiasi karya sastra siswa SMP

Mimi Alpian, Department of Indonesian Language and Literature Education, STKIP Hamzanwadi Selong, Indonesia
Maman Suryaman, Department of Indonesian Language and Literature Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) motivasi; (2) keyakinan diri; (3) persepsi siswa terhadap apresiasi karya sastra siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey yang mengandung tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Lombok Timur. Sampel sejumlah 383 siswa ditentukan menggunakan teknik proportional stratified sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi, keyakinan diri, persepsi siswa, dan apresiasi karya sastra. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini ada empat. Pertama, motivasi berpengaruh terhadap apresiasi karya sastra. Kedua, keyakinan diri berpengaruh terhadap apresiasi karya sastra. Ketiga, persepsi siswa berpengaruh terhadap apresiasi karya sastra, dan Keempat, motivasi, keyakinan diri, dan persepsi siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap apresiasi karya sastra.

Kata Kunci: motivasi, keyakinan diri, persepsi, dan apresiasi karya sastra

 

The effect of motivation, self-efficacy, and perception on the literature appreciation of the students of junior high schools

 

Abstract

This study aims to determine the effect of: (1) students’ motivation; (2) students’ self-efficacy; (3) students’ perception on the literature appreciation of the students of junior high schools in Kabupaten Lombok Timur. This study used the quantitative approach. This research was a survey containing three independent variables and one dependent variable. The population was all students of junior high schools in Kabupaten Lombok Timur. A sample of 383 students was established using proportional stratified sampling technique. The data were collected using the motivation questionnaire, self-efficacy questionnaire, students’ perception questionnaire, and students’ literature appreciation questionnaire. To determine the effect, the researchers used descriptive statistics and multiple regression analysis. The results of this study are as follows. First, motivation affects students’ literature appreciation. Second, the self-efficacy affects students’ literature appreciation. Third, the perception affects students’ literature appreciation. Fourth, motivation, self-efficacy, and perceptions simultaneously affect students’ literature appreciation.

Keywords: motivation, self-efficacy, perception, students literature appreciation

Keywords


motivation; self-efficacy; student perception; students literature appreciation

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Alderson, J.C. (2000). Assesing reading. New York, NY: Cambridge university press

Aminuddin. (2011). Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Anshori, D.S. & Sumiyadi (ed). (2009). Bahasa dan sastra dalam perspektif pendidikan. Bandung: Percetakan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI

Anwar, A.I.D. (2009), Hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Sumatra Utara. Tesis magister tidak diterbitkan, Universitas Sumatra Utara, Sumatra Utara

Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., & Hilgard, E.R. (1987). Pengantar psikologi jilid II. Batam: Interaksa

Azwar, S. (2012). Tes prestasi, fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Bandura, A (ed) (1997). Self-efficacy in changing societies. New York: Cambridge University Press

Darmono, S.D. (1979). Sosiologi sastra (sebuah pengantar ringkas). Jakarta Depdikbud

Devidoff, L. (1987).Introduction to psychology. New York, NY: MC. Graw Hill Book Company

Escarpit, R. (2008). Sosiologi sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Friedman, H.S., & Schustack, M.W. (2008). Keperibadian teori klasik dan riset modern. (Terjemahan Firansiska Dian Ikarini, Maria Hany, & Andreas Provita Prima). Upper Saddle River. NJ: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2006)

Gredler, M.E.B. (1986). Learning and instruction theory into practice. New York, NY. Macmillan publishing company

Hayati & Muslih. (2012). Latihan apresiasi sastra: penunjang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA. Jakarta: Triana Media

Alwi, H., Lapoliwa., H., & Darmowidjojo, S. (2003). Tata bahasa baku bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Ibrahim, L.F. (2011). The effect of intructioanal strategies and selfefficacy on students' achievement in reading comprehension. Tesis. Universitas Negeri Medan tidak diterbitkan

Ismail, T. (2013). Mendidik anak bangsa cinta membaca buku dan piawai mengarang. Makalah utama seminar nasional Jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fakultas bahasa dan seni UNY disampaikan di auditorium UNY tanggal 19 November 2013.

Jabrohim, (2002). Fungsi didaktis sastra dalam pembangunan mental spritual dan integritas manusia indonesia. Yogyakarta: PIBSI XXVIII Universitas Ahmad Dahlan

Jamaluddin. (2003). Problematika pembelajaran bahasa & sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Kompas. (2013). Skor PISA: Posisi Indonesia nyaris jadi juru kunci. sumber: Kompas cetak tanggal 5 Desember 2013.

Kompas. (2013). Mendikbud: Perkuat bahasa Indonesia di percaturan internasional!. di akses pada 2 Desember 2013 dari http://edukasi.kompas.com

Morton, J.B. (2010). Albama course of study English language arts, English language literacy for college and career readness. Alabama: Alabama Departement of education

Nilsen, A.P., & Donelson, K.L. (2009). Literature for today’s young adults. eight edition. Boston: Pearson education.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa. Yogyakarta: Fakultas ekonomika dan bisnis UGM

Partanto, P.A & Barry, M.D.A. (2001). Kamus ilmiah populer. Surabaya: Arkola

Pertiwi, A.D. (2012). Pengaruh minat dan motivasi baca terhadap kemampuan meresepsi cerpen (studi pada siswa kelas IX SMP se- Kabupaten Banyumas). Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Pulungan. I. (2008). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kimia. Jurnal pendidikan, 47-52.

Puspendik. (2009). Laporan hasil dan Statistik nilai ujian nasional tahun pelajaran 2008/2009. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

Puspendik. (2010). Laporan hasil ujian nasional tahun pelajaran 2009/2010. Jakarta: BSNP-Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional

Puspendik. (2011). Laporan hasil ujian nasional SMP/MTs tahun pelajaran 2010-2011. Jakarta: BSNP-Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional

Puspendik. (2012). Laporan hasil ujian nasional SMP/MTs tahun pelajaran 2011-2012. Jakarta: BSNP-Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional

Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan edisi ke 2 (terjemahan Tri Wibowo). New York, NY: McGraw-Hill Companies. (Buku asli diterbitkan tahun 2004)

Schunk, D. H. (2012). Lerning theories (6thed.). Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Sivapalan, S., Idrus, H., Bhattacharyya, E., Mordin, SM. (2008). Engineering student’s perception of the influence of young adult literature on developing appreciation for reading. artikel The English teacher Vol. XXXVII: 27-39 Universiti Teknologi PETRONAS.

Sujarwanto & Jabrohim, (Ed), (2002). Bahasa dan sastra Indonesia menuju peran transformasi social budaya abad XXI. Yogyakarta: PIBSI XXVIII Universitas Ahmad Dahlan

Suryaman, M. (2009). Panduan pendidikan dalam pembelajaran bahasa indonesia SMP/MTs. Jakarta: Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H.B. & Koni, S. (2012). Asesmen pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wade, C & Tavris, C. (2007). Psokologi edisi kesembilan. (terjemahan oleh Padang mursalin & Dinastuti). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2006)

Woolfolk, A, (2007). Educational psychology tenth edition. Boston, MA: Pearson Education, Inc.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mimi Alpian, Maman Suryaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats