BRIDGE TO TERABITHIA DAN ISLAND OF THE BLUE DOLPHIN SEBAGAI BAHAN AJAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Abdu Rajab, Disdikpora Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Indonesia
Widyastuti Purbani, Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam novel Bridge to Terabithia dan Island of the Blue Dolphin (2) Sejauh mana novel-novel tersebut dapat dijadikan bahan ajar Bahasa Inggris bermuatan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Penelitian kualitatif mengungkapkan gejala secara menyeluruh, dan sesuai dengan konteks permasalahannya dipecahkan melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci (Djukri dkk, 2010, p.18). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Novel Bridge to Terabithia dan Island of the Blue Dolphin memberikan penggambaran contoh nilai-nilai pendidikan karakter dengan frekuensi dan variasi yang tinggi juga dengan kualitas penggambaran yang kuat dan realistis, (2) Kedua novel memiliki bahasa yang imajinatif dan kisah yang inspiratif, (3) Kedua novel relevan dengan tujuan pembelajaran Bahasa Inggris.

____________________________________________________________________________________________________________________

BRIDGE TO TERABITHIA AND ISLAND OF THE BLUE DOLPHIN AS INSTRUCTIONAL MATERIAL EMBODYING CHARACTER EDUCATION


Abstract

This study aims at describing: (1) Character education values embodied in the novel Bridge to Terabithia and Island of the Blue Dolphin, (2) The extent to which those novels can be utilized as English instructional material embodying character education.  This study is a descriptive qualitative research, which employs content analysis method. Qualitative research describes the entire indications based on the context of the matter which is solved through collecting data of natural context employing the researcher as key instruments (Djukri dkk, 2010, p.18).The results of the study show that: (1) Bridge to Terabithia and Island of the Blue Dolphin give examples of high frequency and high variation as well as strong and realistic description of character education values, (2) Both novels have imaginative language and inspirational story, (3) Both novels are relevant to English teaching and learning objective.

Keywords


Bridge to Terabithia; Island of the Blue Dolphin; bahan ajar; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


BNN. (2009). Artikel. Diambil tanggal 2 Desember 2011 dari http://www.bnn.go.id/portalbaru/portal/konten.php?nama=Suara&op=detail_suara&id=8085&mn=2&smn=e.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2006). Pedoman memilih dan menyusun bahan ajar. Jakarta.

Djukri, dkk. (2010). Pedoman penyusunan tesis dan disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: PPs UNY.

Lazar, G. (2002). Literature and language teaching. Cambridge University Press. UK.

Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan karakter, solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

O’Dell, S. (1960). Bridge to terabithia. New York: Bantam Doubleday Dell Publishing Group, Inc.

Paterson, K. (1977). Bridge to terabithia. New York: Puffin Books.

Sudrajat. (2011). Membentuk pribadi mulia melalui pendidikan karakter. Jurnal Informasi, kajian masalah pendidikan dan ilmu sosial, Nomor 1 XXXVII, pp.1-22.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i1.5401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Abdu Rajab, Widyastuti Purbani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats