PEMILIHAN CERITA ANAK SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
Maman Suryaman, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kriteria-kriteria yang digunakan dalam pemilihan cerita anak yang layak sebagai bahan ajar membaca di MTs. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis cerita anak yang layak sebagai bahan ajar membaca di MTs berdasarkan kriteria-kriteria itu.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah cerita anak yang ada di Buku Sekolah Elektronik, buku bacaan, dan internet. Objek penelitiannya adalah isi cerita. Ada dua puluh cerita anak yang yang dijadikan sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mencatat. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada tiga kriteria yang digunakan dalam pemilihan cerita anak yang layak sebagai bahan ajar membaca di MTs. Kriteria-kriteria itu adalah kriteria nilai/moral, motivasi, dan kesesuaian jenis sekolah. (2) Dari dua puluh cerita yang dianalisis, sebelas cerita dinyatakan layak dan sembilan cerita dinyatakan tidak layak dijadikan bahan ajar membaca di MTs.
Kata kunci: cerita anak, bahan ajar, membaca
THE SELECTION OF CHILDREN STORIES AS READING TEACHING MATERIAL IN MADRASAH TSANAWIYAH (MTS)
Abstract
The study aims to describe criteria used in the selection proper children stories as reading teaching material in Madrasah Tsanawiyah (MTs). In addition, the study also aims to describe proper children stories as reading teaching material in Madrasah Tsanawiyah (MTs) based on the criteria.The study is descriptive qualitative research. The subjects of the study are children stories in Buku Sekolah Elektronik (BSE), reading book, and internet. The object of the study is the contents of the stories. There are twenty children stories that the research sample. The sample was taken by purposive sampling technique. The collection of data is done by reading and writing. Data is analyzed by reduction, presentation, and inference.The results of study showed that (1) there are three criteria used in the selection of children stories as reading teaching material in MTs. The criteria are Value/moral, motivation, and relevant of the type of school. (2) Of the twenty stories analyzed, there are eleven proper stories and nine stories are not proper as reading materials in the MTs.
Keywords: children stories, teaching material, readingKeywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, A. G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi & spritual ESQ jilid 1 edisi revisi. Jakarta: Arga Tilanta.
Depdiknas. (2011). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibung, D. (2009). Mengembangkan nilai moral pada anak. Jakarta: Elex Media Komputindo. http://madrasah.kemenag.co.id/detail38.html.
Majid, A. (2007). Perencanaan pembelajaran: Mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, A & Dian Andayani. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naim, N. & Sauqi, Achmad (2011). Pendidikan multikultural konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra anak pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ramly, M. (2011). Hasil UN siswa SMP tahun 2010/2011 secara nasional. Diambil pada tanggal 14 Juli 2013, dari http://smpnegeri16ska.blogspot.com/2011_11_01_ archive.html.
Sardiman A.M. (2012). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shauqi. (2011). Belum sampai seru. Diunduh pada tanggal 20 Oktober 2013, dari http://www.ustazshauqi.com/2011/09/belum-sampai-seru.html.
Subaweh, S. (2013). Membentuk karakter melalui cerita motivasi. Diakses pada tanggal 16 September 2013, dari http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/01/226382/Membentuk-Karakter-Melalui-Cerita-Motivasi.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan: Bagian 4 pendidikan lintas bidang cetakan ke-2. Bandung: Imtima.
Tomlinson, B. (2011). Materials development in language teaching (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Yusuf, S. LN. (2009). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tomlinson, B. & Matsuhara, Hitomi. (2010). Research for materials development in language learning. New York: Continuum International Publishing Group.
DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Rosihan Anwar, Maman Suryaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.