KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 20192020
Tawarjono Tawarjono,
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Magelang, dengan jumlah 96 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket untuk mengumpulkan data Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar sedangkan dokumentasi untuk mengambil data Hasil Belajar. Uji coba instrumen ini dilakukan terhadap 30 siswa kelas X TKR A SMK Negeri 1 Magelang, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji liniearitas.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Motivasi Belajar secara parsial memiliki kontribusi sebesar 21,7% terhadap Hasil Belajar siswa. Uji signifikansi menggunakan Uji t dengan hasil penghitungan yang menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,996>1,985) pada taraf signifikansi 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,680 sehingga dikatakan kontribusinya signifikan. (2) Lingkungan Belajar secara parsial memiliki kontribusi sebesar 32,6% terhadap Hasil Belajar siswa. Uji signifikansi menggunakan Uji t dengan hasil penghitungan yang menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel (9,780>1,985) pada taraf signifikansi 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,710 sehingga dikatakan kontribusinya signifikan. (3) Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar secara simultan memiliki kontribusi sebesar 54,3 terhadap Hasil Belajar siswa. Uji signifikansi menggunakan Uji F dengan hasil penghitungan yang menunjukan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (55,270>3,09) pada taraf signifikansi 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,543 sehingga dikatakan kontribusinya signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifi, M., & Sukaswanto, S. (2020). Pengaruh kompetensi siswa dan peran serta bkk terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan SMK se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 61-70.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaafar, Hj. Tengku Zahara. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaraan Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Padang.
Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).
Slavin, R.E. (2009). Psikologi pendidikan teori dan praktik, edisi kedelapan, Jilid kedua (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: PT Index (Buku asli diterbitkan tahun 2006).
Sugiono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i2.40440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.