PENGEMBANGAN E-TRAINING SYSTEM BERBASIS APLIKASI SELULER DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK TUREN

Authors

  • Bagus Rachmat Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.85305

Keywords:

E-Training System, Mobile, Application, factors discipline

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan E-Training System dengan basis aplikasi seluler yang bisa meningkatkan kedisiplinan serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Turen. Latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya kedisiplinan dan pencapaian hasil belajar peserta didik akibat kurangnya media pembelajaran interaktif yang mendukung pembelajaran mandiri dan fleksibel. Dengan memanfaatkan teknologi digital, diharapkan peserta didik bisa makin aktif, disiplin, dan mudah mengerti materi pelajaran secara mandiri. Metode yang dipakai ketika penelitian ini ialah metode Research and Development (R&D) yang memiliki model pengembangan ADDIE yang didalamnya ada tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, serta Evaluation. Subjek uji coba terdiri atas ahli media, ahli materi, serta peserta didik kelas X TKRO SMK Turen Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, validasi ahli, angket peserta didik, serta tes pre-test dan post-test. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Training System yang dikembangkan dikategorikan layak berdasarkan hasil validasi ahli media (88.8%) dan ahli materi (88.6%), bermanfaat berdasarkan validasi peserta didik dengan skor 89.2% (kategori sangat baik), serta efektif berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test dengan nilai N-Gain sebesar 0.76 (kategori tinggi). Dengan demikian, E-Training System ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Gambar Teknik.

References

Amin, Muhamad, and Malik Ibrahim. 2022. “Meta Analisis: Keefektifan Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik.” Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 4(2):248–62.

Crawford, Ryan. 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA DI KELAS V SD NEGERI 14 KOTO BARU.” Emotional Value in the Composition Classroom 148–53. doi: 10.4324/9781003401810-20.

Dayutiani, Gina Saadah, and Aflich Yusnita Fitrianna. 2021. “Analisis Kefektifan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Peserta didik SMP DI Masa Pandemi.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(6):1723–30. doi: 10.22460/jpmi.v4i6.1723-1730.

Fajriadi, Dede, Rudi Priyadi, and Diar Veni Rahayu. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Geogebra Book Materi Dimensi Tiga.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 7(2):453. doi: 10.25157/teorema.v7i2.8813.

Harefa, Darmawan, Efrata Ge’e, Kalvintinus Ndruru, Mastawati Ndruru, Lies Dian Marsa Ndraha, Tatema Telaumbanua, Murnihati Sarumaha, and Fatolosa Hulu. 2021. “Pemanfaatan Laboratorium Ipa Di Sma Negeri 1 Lahusa.” EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains 5(2):105–22. doi: 10.33541/edumatsains.v5i2.2062.

Indik Syahrabanu, Rio Pranata. 2023. “Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Dunia Pendidikan 3(November):67–78.

Juan, Cheng, Wang YuLin, W. Tjondronegoro Dian, and Song Wei. 2018. “Construction of Interactive Teaching System for Course of Mechanical Drawing Based on Mobile Augmented Reality Technology.” International Journal of Emerging Technologies in Learning 13(2):126–39. doi: 10.3991/ijet.v13i02.7847.

Laka, Laurensius, Rafik Darmansyah, Loso Judijanto, Justin Foera-era Lase, Farid Haluti, Febti Kuswanti, and Kalip. 2024. Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital.

Latip, Abdul. 2022. “Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains.” DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains 2(2):102–8. doi: 10.33369/diksains.2.2.102-108.

Lufiah, Sita, Raras Setyo Retno, and Candra Dewi. 2022. “Pengembangan Modul Literasi Digital Berbasis Budaya Madiun Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sekolah Dasar.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3:968–77.

Marsyaelina, Anggie, Sudiyatno Sudiyatno, and Ranu Iskandar. 2022. “Appropriate Learning Media for Mild Mentally Impaired Students at Inclusive Vocational Schools: A Literature Review.” Jurnal Pendidikan Vokasi 12(1):93–99. doi: 10.21831/jpv.v12i1.47717.

Maulana, Muhamad Iqbal, and Erfian Junianto. 2022. “Penerapan Model Addie Dalam Pembuatan Permainan Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Android.” Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika 4(1):12–22. doi: 10.51977/jti.v4i1.680.

Ningtyas, Evi Amalia Setya. 2025. “Pengembangan Model Manajemen Rekrutmen Dan Seleksi Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Lampung.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.

Padilla, Anisa. 2024. “Pengembangan Games Family 100 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran PPKN.” 3(2):1–23.

Rahmatunisa, N., Saripudin, D., & Irwandi, I. (2022). Development of a dietetic clinic-based e-module for learning nutrition and health in vocational schools. Journal of Education Technology, 6(1), 45–55.

Rachma, Alvina, Tuti Iriani, and Santoso Sri Handoyo. 2023. “Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement.” Jurnal Pendidikan West Science 1(08):506–16. doi: 10.58812/jpdws.v1i08.554.

Rahmi, Atika Dwi, and Zona Octarya. 2020. “Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Berbasis Saintifik Pada Materi Ikatan Kimia.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 4(2):122. doi: 10.24036/jep/vol4-iss2/509.

Roselidyawaty, Nor, and Mohd Rokeman. 2024. “Likert Measurement Scale in Education and Social Sciences : Explored and Explained Likert Measurement Scale in Education and Social Sciences : Explored and Explained Nor Roselidyawaty Mohd Rokeman Faculty of Technical and Vocational , Sultan Idris Education University , 35900 Tanjong.” 10(November). doi: 10.37134/ejoss.vol10.1.7.2024.

Safitri, Meilani, and M. Ridwan Aziz. 2022. “ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning.” Jurnal Pendidikan Dasar 3(2):50–58.

Said, Sitaman. 2023. “Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Abad 21.” Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi. 6(2):194–202.

Siregar, Isra Adawiyah. 2021. “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif.” ALACRITY : Journal of Education 1(2):39–48. doi: 10.52121/alacrity.v1i2.25.

Sofwatillah, Risnita, M. Syahran Jailani, and Deassy Arestya Saksitha. 2024. “Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah.” Journal Genta Mulia 15(2):79–91.

Vitri, Vitriani, Gunawan Ali Gunawan, Finanta Okmayura Fina, and Robby Satria Robby. 2023. “Aplikasi E-Training Berbasis Knowledge Management System Pada Masa Pandemi.” Jurnal Fasilkom 13(01):41–46. doi: 10.37859/jf.v13i01.4798.

Wahyudi, Ahmad Rizky WahyudiAhmad Rizky. 2025. “Desain Media Pembelajaran Aplikasi E-Srambahan Untuk Materi Tembang Macapat.” 5(1):440–51.

Wati, Risda, Yuliawati Yunus, and Popi Radyuli. 2023. “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital.” Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang 10(2):75–80. doi: 10.35134/jpti.v10i2.173.

Wiyono, Teguh, Sitti Hartinah D. S., and Suriswo Suriswo. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di Perbatasan Jawa Sunda.” Journal of Education Research 5(3):3233–37. doi: 10.37985/jer.v5i3.1440.

Yulastri, A., Hidayat, H., Ganefri, G., Edya, F., & Islami, S. (2018). Learning outcomes with the application of product-based entrepreneurship module in vocational higher education. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 120–131.

Yu, Y. (2024). Evaluation of vocational education and training outcomes based on mobile learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 18(19), 63–78.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Rachmat, B. (2025). PENGEMBANGAN E-TRAINING SYSTEM BERBASIS APLIKASI SELULER DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK TUREN. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 7(2), 107–128. https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.85305

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.