Peningkatan kompetensi membuat garnish pada mata pelajaran boga dasar melalui pemanfaatan media sosial
Siti Hamidah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan kompetensi membuat garnish, (2) peningkatan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, tes kinerja dan analisa data secara deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan (1) untuk meningkatkan pembelajaran menggunakan media sosial yang terdiri dari Facebook, google, dan Youtube; (2) Ketercapaian secara umum pada siklus I dengan kategori baik dan siklus II dengan kategori sangat baik. Ketercapaian tersebut terdiri dari: (a) ranah sikap pada pembelajaran di luar kelas rata-rata mencapai kategori sangat baik, sedangkan ranah sikap siswa pada pembelajaran di dalam kelas rata-rata mencapai kategori sangat baik; (b) ranah pengetahuan mencapai kategori sangat baik; (c) ranah keterampilan mencapai sangat baik.
IMPROVING COMPETENCIES OF MAKING GARNISHES ON BASIC CULLINARY THROUGH SOCIAL MEDIA USAGE
Abstract
This study aim to know: (1) the effort of improving students’ competencies in making garnishes of food and beverages , (2) the improvement students’ competencies that were consist of: affective, cognitive, and psicomotoric. This study was a classroom action research that was conducted on two cyclesThe data collection techniques included observations, written tests, and performance test. The data were analyzed descriptively. The result of the study indicates that (1) to improve the learning used the social media that consist of Facebook, google, dan Youtube; (2) generality, the attainment of students’ competencies in cycle I on good category and in cycle II on very good category. The attainments were as follow: (a) the attainment of affective aspect in outside classroom average on very good category; The attainment of affective aspect in the average on very good category; (b) the attainment of cognitive aspect on very good category; (c) the attainment of psychomotoric aspect was on very good category.
Full Text:
PDF | 300-317References
Badan Standar Nasional Pendidikan. Paradigma pendidikan nasional abad XI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Cavazza, F. Social media landscape 2014. Diakses tanggal 23 Juni 2014, dari www.fredcassava.net.
Cheng, Y. C. New paradigm for re-engineering education: globalization, localization and individualization. Dordrecht, The Netherlands: Springer.
Depdiknas. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. Peraturan Pemerintah RI Nomor 23 Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Petunjuk teknis penilaian hasil belajar Sekolah Menengah Kejuruan.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk teknis Pendampingan kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan.
Eteokleous, Nikleia., dkk. Facebook - a social networking tool for educational purposes: developing special interest groups. ICICTE Proceedings, 2012, 363-375.
Guggenmos, K. & McVety, P. J. Culinary essentials. California: McGraw-Hill Companies Inc.
Kay, K.,& Dardis, D. G. Framework for 21st century learning. Diakses tanggal 20 Desember 2013, dari http://www.p21.org/about-us/p21-framework.
Leighbody, G. B., & Kidd, D. M. Methods of teaching shop and technical subjects. New York: Delmar Publisher.
Mangkulo, H. S. Facebook for sekolahan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nazar, M. Pemanfaatan jejaring sosial sebagai sarana komunikasi sosial (KOMSOS) TNI AD. Jakarta: Subditbinklat Dithubad.
Novriyanda. Seni ukir buah dan sayuran dalam rangkaian bunga dan dekorasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nunung, & Yauchti, D. Garnish cantik dan simpel dari sayur dan buah. Jakarta: Demedia Pustaka.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. Instructional technology and media for learning. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Soeprijanto. Pengukuran kinerja guru praktik kejuruan. Jakarta: CV. Tursina.
Stanciau, A., Mihai, F., & Aleca, O. Social networking as an alternative environment for education. Accounting and Management Information Systems, Vol. 11, No. 1, pp. 56–75.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by: