Implementasi Self-Evaluation untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Pemesinan 3

Authors

  • Edy Purnomo Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jptk.v18i2.9331

Keywords:

Praktif pemesinan, self-evaluation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Praktik Pemesinan 3 melalui penerapan self-evaluation. Kualitas pembelajaran tersebut diukur dari aktifitas kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek yang menjadi sasaran penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktik Pemesinan 3, grup A1 yang bejumlah 14 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumen asesmen prestasi belajar, observasi dan wawancara. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan  kualitatif. Hasil penelitian memperoleh temuan model self-evaluation dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pemesinan 3 yang ditunjukan oleh meningkatnya aktifivitas, kemandirian, perhatian dan prestasi belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2016-05-16

How to Cite

Purnomo, E. (2016). Implementasi Self-Evaluation untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Pemesinan 3. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(2), 255–272. https://doi.org/10.21831/jptk.v18i2.9331

Issue

Section

Articles