Efektivitas Pembelajaran Berdasar Hasil Inquiry pada Praktik Las Asitilin Mata Kuliah Praktik Fabrikasi 2 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin

Riswan Dwi Djatmiko, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT-UNY, Indonesia
Pradoto Pradoto, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT-UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar praktik las asitilin atau Oxy Acetylene Welding (OAW) mahasiswa yang menggunakan proses pembelajaran dengan metode Inquiry; 2) perbedaan prestasi belajar Praktik OAW antara mahasiswa yang proses pembelajarannya menggunakan metode inquiry dengan yang tidak; dan 3) peningkatan prestasi belajar Praktik OAW mahasiswa yang proses pembelajarannya menggunakan metode inquiry. Jenis penelitian adalah penelitian quasi experiment dengan populasi seluruh mahasiswa yang mengkuti mata kuliah Praktik Fabrikasi. Sampel diambil sebanyak  68 orang yang dikelompokkan menjadi dua, kelompok eksperimen dan  kelompok kontrol. Prestasi belajar dianalisis dengan analisis deskriptif dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar digunakan Uji-t sampel independen, sedangkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dianalisis dengan Uji-t sampel berkorelasi. Sebelum dianalisis dilakukan uji persyaratan analisis yaitu homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) rerata prestasi belajar kelompok eksperimen awal adalah 75,13, dan setelah perlakuan sebesar 84,67. Rerata kelompok kontrol: awal sebesar 73,91 dan akhir sebesar 77,66; 2) Ada perbedaan prestasi belajar Praktik OAW secara signifikan antara mahasiswa yang belajar dengan metode inquiry dengan yang tidak; dan 3) ada peningkatan prestasi belajar Praktik OAW setelah mahasiswa menjalani proses pembelajaran dengan metode inquiry.

Keywords


prestasi belajar, hasil inquiry

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v19i2.7740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: