Pencapaian Indikator IKKT pada Penyelenggaraan SMK RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta

Amat Jaedun, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) memperoleh gambaran umum mengenai penyelenggaraan pendidikan pada dan (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami SMK RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengimplementasikan program pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang dilakukan pada enam SMK Negeri RSBI. Disain evaluasi yang diacu adalah discrepancy model. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Uji validitas instrumen didasarkan pada validitas isi, yang dilakukan melalui rational judgment. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penyelenggaraan pendidikan pada SMK RSBI di DIY belum sesuai dengan standar penyelenggaraan SMK RSBI yang telah ditetapkan. Kelemahan terutama dalam pemenuhan indikator kinerja kunci tambahan (IKKT), yang meliputi semua aspek. Kendala yang dialami oleh SMK RSBI antara lain: (a) belum diperolehnya akreditasi dari sekolah mitra yang bertaraf internasional; (b) sekolah belum mampu membangun jejaring internasional; (c) SKL tambahan yang disusun belum memiliki acuan yang jelas; (d) proses pembelajaran belum sesuai dengan standar RSBI; (e) sekolah belum menerapkan model penilaian dari salah satu sekolah yang bertaraf internasional; (f) persentase pendidik yang berkualifikasi S2/S3 sangat rendah; (g) sebagian besar kepala sekolah belum berkualifikasi S2, dan kurang menguasai bahasa Inggris secara aktif; (h) belum diterapkannya TIK dalam manajemen sekolah; (i) keterbatasan sarana dan prasarana sesuai dengan standar RSBI; dan (j) ketersediaan dana penyelenggaraan pendidikan yang kurang memadai serta dukungan pemerintah daerah yang lemah.

Keywords


SMK RSBI, Indikator IKKT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v19i2.7737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: