Pengembangan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Berbasis Teknologi WAP (Wireless Application Protocol) di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Didik Hariyanto, Dosen Juruan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat lunak aplikasi wap yang digunakan sebagai sistem informasi akademik mahasiswa di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Data-data yang tersedia dalam aplikasi ini adalah data mahasiswa, data dosen, data mata kuliah dan data nilai mahasiswa. Data-data tersebut dapat diakses melalui ponsel yang memiliki fasilitas wap. Pengembangan aplikasi dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak yang melalui 4 tahapan. Tahapan pertama, analisis yaitu analisis kebutuhan pemakai, analisis kerja, dan context diagram. Tahapan kedua, desain meliputi Data Flow Diagram, perancangan database, desain diagram alir program (flowchart), desain menu yang dibuat dengan model HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) dan desain tampilan. Tahapan ketiga, implementasi yaitu tahap menterjemahkan modul-modul hasil desain dengan menggunakan bahasa pemrograman ke dalam bentuk aplikasi. Tahapan keempat, pengujian perangkat lunak yang dilakukan dengan sistem pengujian Black Box Testing. Pengujian dilakukan dengan cara menjalankan aplikasi wap tersebut dan dicoba diakses dengan menggunakan ponsel berbasis wap. Dari hasil pengujian Black Box Testing yang terdiri dari 22 item pengujian untuk subsistem administrator dan 13 item pengujian untuk subsistem user, didapatkan hasil bahwa semua item pengujian (100 %) dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Keywords


Sistem Informasi Akademik, WAP, Pemrograman

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v17i2.7655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: