Kesesuaian Pola Mengajar Guru SMK di DIY dengan Tuntutan Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Arif Marwanto, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapat  gambaran (1) pemahaman  guru tentang KTSP, (2) upaya inovasi pembelajaran oleh guru dalam menerapkan KTSP, (3) hambatan guru dalam menerapkan pembelajaran sesuai tuntutan penerapan KTSP dan upaya mengatasinya. Penelitian ini termasuk penelitian survey yang dilakukan terhadap guru-guru SMK Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta . Populasi penelitian ini adalah  guru produktif SMK Negeri Kelompok Teknologi Industri di DIY. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan mempertimbangkan jenis SMK. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sebanyak 8,33% responden berada pada kategori sangat baik dalam penerapan KTSP; 41,67% responden berada pada kategori baik; 47,22% responden berada pada kategori sedang dan sisanya sebesar 2,78% berada pada kategori rendah, (2) Upaya inovasi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan KTSP guru-guru SMK telah menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran konstruktivisme, pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning), pembelajaran berbantuan media  dan holistic assessment walaupun belum secara menyeluruh dan lengkap dan (3) Hambatan utama yang dirasakan guru dalam implementasi KTSP adalah fasilitas yang terbatas dan sosialisasi KTSP kepada guru yang belum optimal serta sumber informasi KTSP yang masih kurang.

Keywords


Pola Mengajar Guru SMK, KTSP, implementasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v17i1.7649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: