Peran perempuan dan penduduk terdidik dalam upaya mencapai target sustainable development goals di Indonesia

Isti Larasati Widiastuty, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan ketenagakerjaan di Indonesia, peran perempuan dan penduduk terdidik dalam pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Mencapai tujuan SDGs memerlukan partisipasi, kerja dan sinergitas yang komprehensif dari berbagai pihak. Penelitian ini ingin menyoroti bagaimana mencapai target kedelapan SDGs dengan memperhatian peran perempuan dalam pembangunan dan aktivitas kerja. Metode analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif dan analisis statistik regresi linier berganda. Sumber data yang digunakan berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS). Beberapa indikator ketenagakerjaan menunjukkan tren meningkat dari 2010 - 2018. Penduduk terdidik mendominasi kegiatan bekerja dan penganggur di Indonesia. Pada tahun 2018 jumlah penganggur terdidik sebanyak 65,89% dari total penganggur. Variabel yang mempengaruhinya adalah rata-rata upah, tingkat kemiskinan, tingkat kesempatan kerja terdidik, jumlah penduduk miskin dan jumlah penduduk usia kerja, dengan koefisien determinasi 0,959. Partisipasi perempuan dalam aktivitas kerja  dan sumbangan pendapatannya dalam ekonomi lebih rendah daripada laki-laki, namun secara tren menunjukkan peningkatan.

 

The role women and educated population in effort to achieve sustainable development goals in Indonesia

 

Abstract

This study aims to determine the development of employment in Indonesia, the role of women and educated residents in achieving the targets of Sustainable development Goals (SDGs) in Indonesia. Achieving the goals s of SDGs requires comprehensive participation, work and synergy from stakeholders. This study wants to highlinght how to reach the eighth target of SDGs bay paying attention to the role of women in development and work activities. The analytical method used descriptive analysis and statistical analysis of multiple linier regression. The data source used is  secondary data from Statistics Indonesia (BPS). During this period several employment indicators showed an increasing trend each year. Educated population dominates work activities and unemploment people in Indonesia. In 2018 the number of educated unemployment reached 65,89% of the total unemployed people in Indonesia. The variables that influence it are  average wages, poverty levels, educated employent rates, the number of poor people and the number of working-age population, with a coefficient of determination arround 0.959. women’s participation in work activities and the contribution of their income in the economy is lower than men, but in trend shows an increase.


Keywords


SDGs; pengangguran terdidik; kerja; gender

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Annur, S., Wati, M., Mahtari, S., & Prastika, M. D. (2018). Sustainable development goals (SDGs) dan peningkatan kualitas pendidikan. In Seminar Nasional Pendidikan (pp. 251–255). Banjarmasin.

Badan Pusat Statistik. (2008). Analisis pengangguran terdidik.

Badan Pusat Statistik. (2018a). Berita Resmi Statistik Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2018.

Badan Pusat Statistik. (2018b). Tenaga kerja. Retrieved from https://www.bps.go.id/subject/6/tenaga-kerja.html#subjekViewTab1

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2018). Keadaan angkatan kerja di Provinsi Jawa Barat Agustus 2017. Retrieved from https://jabar.bps.go.id/publication/2018/02/23/26933c26d8d37f4fb1cdcd52/keadaan-angkatan-kerja-di-provinsi-jawa-barat-agustus-2017.html

Cutler, D. M., & Katz, L. F. (1991). Macroeconomic performance and the disadvantaged. Brookings Papers on Economic Activity, (2), 1–74. https://doi.org/10.2307/2534589

Fitri, F., & Junaidi, J. (2016). Pengaruh pendidikan, upah dan kesempatan kerja terhadap pengangguran terdidik di Provinsi Jambi. E-Jurnal Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, 5(1), 26–32. https://doi.org/10.1111/j.1467-7652.2004.00085.x

Intan, S. (2014). Kedudukan perempuan dalam domestik dan publik perspektif jender (Suatu analisis berdasarkan normatifisme Islam). JPP (Jurnal Politik Profetik), 2(1). https://doi.org/10.24252/jpp.v2i1.957

International Labour Organization. (2008). Tren ketenagakerjaan dan sosial di Indonesia 2008 : Kemajuan dan jalan menuju pembangunan padat karya. Jakarta. Retrieved from https://www.ilo.org/jakarta/whatwedo/publications/WCMS_116210/lang--en/index.htm

International Labour Organization. (2013). 19 th International Conference of Labour Statisticians. Geneva. Retrieved from https://www.ilo.org/global/statistics-and-databases/meetings-and-events/international-conference-of-labour-statisticians/19/lang--en/index.htm

Jubaedah, Y., Rohaeni, N., & Tati, T. (2015). Model link and match dengan pendekatan competency based training pada pembelajaran tata graha di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 19–26. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/1281

Klasen, S. (2010). Measuring and monitoring inclusive growth: Multiple definitions, open questions, and some constructive proposals (No. 12). ADB Sustainable Development Working Paper Series. Manila. Retrieved from http://hdl.handle.net/11540/1404

Mada, M., & Ashar, K. (2015). Analisis variabel yang mempengaruhi jumlah pengangguran terdidik di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 15(1), 50–76. https://doi.org/10.20961/jiep.v15i1.9894

Mankiw, N. G. (2003). Teori makro ekonomi (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Momsen, J. H. (2013). Gender and development. Routledge.

Muhdar, H. (2015). Potret ketenagakerjaan, pengangguran, dan kemiskinan di Indonesia: Masalah dan solusi. Al-Buhuts, 11(1), 42–66.

Okun, A. M., Fellner, W., & Greenspan, A. (1973). Upward mobility in a high-pressure economy. Brookings Papers on Economic Activity, 1973(1), 207–261.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2018). Realisasi alokasi dana desa. Retrieved from https://setkab.go.id/?s=dana+desa〈=id

Sulistyono, S., & Sulistiyowati, W. (2017). Peramalan produksi dengan metode regresi linier berganda. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(2), 82. https://doi.org/10.21070/prozima.v1i2.1350

Tjiptoherijanto, P. (1999). Urbanisasi dan pengembangan kota di Indonesia. Populasi, 10(2), 57–72. https://doi.org/10.22146/jp.12484

Widodo, W. (2006). Analisis situasi pendidikan berwawasan gender di Propinsi Jawa Timur. Jurnal Humanity, 1(2), 122–128. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/108




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.21925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats