Pengembangan Buku Panduan Guru untuk Layanan Bimbingan Karier Siswa Tunarungu SMALB
Nur Azizah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
American School Counselor Association (2019). The ASCA National Model: A Framework for School Counseling Programs, Fourth Edition. Alexandria, VA: Author.
Anggara, E. & Wagino (2019). Studi deskriptif implementasi bimbingan karir terhadap penyaluran tenaga kerja anak tunarungu pasca SMALB. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1), 1-15.
Aqib, Z. (2021). A to Z Bimbingan dan Konseling Karier Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Penerbit Andi.
Arsih, S. & Firman, F. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Keluarga terhadap Kematangan Karir Siswa. Innovationrsih: Journal for Religious Innovations Studies, 23(1), 67–74. https://doi.org/10.30631/innovatio.v23i1.162
Astuti, B., & Purwanta, E. (2020). Bimbingan Karier untuk meningkatkan Kesiapan karier. Devstudika.
Astuti, M. W., Setyaningsih, S., Agustina, H., Kobilliah, F. A., Lestari, D. O., & Wardany, O. F. (2023). Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Luar Biasa Insan Prima Bestari. SNEED JOURNAL, 3(1), 001-004.
Aziz, A. (2021) Peran Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB B Negeri Tulungagung. [Skripsi Tidak Terbitkan]. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) (2022). Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Borg, R.W. & Gall, M.D. (2007). Educational Research And Introduction The Eighth Edition. Sydney: Pearson Education,Inc.
Data Referensi Kemdikbud Ristek. (2024). Data Kebudayaan Kemendikbudristek. Kemdikbud.go.id. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pustaka/dikmen
Dewayani, S. (2018). Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Edris, E. M. R. (2018). Pengembangan E-MODUL (ELECTRONIC MODULE) Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Materi Vektor Untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Febrianti, E. A., Setyawati, S. P., & Atrup(2022). Pemanfaatan Buku Panduan dalam Melaksanakan Konseling Kelompok. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 1-6.
Flexer, R. W. (2013). Transition planning for secondary students with disabilities. Pearson.
Ginting, R. L. (2020). Implementasi Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(3), 286–296. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18996
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2014). Developing & managing your school guidance & counseling program. N.J.: Wiley.
Hardi, M. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) PKK Lampung. Tesis. Uin Raden Intan Lampung.
Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier: Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher)
Hintermair, M., Cremer, I., Gutjahr, A., Losch, A., & Strauß, H. C. (2018). Factors for Professional Success–What Deaf Education Can Learn from Deaf and Hard of Hearing People who are Successful in Their Career. The Volta Review, 117(1-2), 32–61. https://doi.org/10.17955/tvr.117.1.2.794
Kemendikbud-Ristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 21 Tahun 2023, Tentang Penyusunan, Penyediaan, Pendistribusian, dan Penggunaan Buku Pendidikan.
Kirk, S., Gallagher, J. J., Coleman, M. R. & Anastasiow, N.. (2009). Educating Exceptional Children. Twelfth Edition. Houghton Miffl in Harcourt Publishing Company.
Lakshmi, P, A, V & Sumaryono. (2018). Kesuksesan Karier Ditinjau dari Persepsi Pengembangan Karier dan Komitmen Karier pada Pekerja Milenial. Gadjah Mada Journal Of Psychology. 4(1). 57-75 ISSN: 2407-7798
Mangantes, M. L. (2021). Manajemen Bimbingan Konseling di SLB Paulus Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 413-421.
Mirnawati, Muniroh, N., & Rahmah, N. (2017). Layanan Bimbingan Karier Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. International Conference on Special Education in Southeast Asian Region, 7, 287-291.
Nadhiroh, S. (2020). Pengembangan Media Buku Panduan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kolase pada Siswa Kelas III SDN Sekaran 02. [Skripsi Tidak Terbitkan]. Universitas Negeri Semarang.
Nafian, F. Z. (2017). Implementasi Bimbingan Karir Bagi Siswa Smalb Kelas XII Tunagrahita Ringan di SLB PGRI i Minggir Sleman Tahun Pelajaran 2017/2018. Prodi Pendidikan Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Yogyakarta.
Nagle, K., Newman, L. A., Shaver, D. M., & Marschark, M. (2016). College and career readiness: Course taking of deaf and hard of hearing secondary school students. American annals of the deaf, 160(5), 467-482.
Nasution, H. S., & Abdillah, A. (2019). Bimbingan Konseling: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI),
Nursalim, M. (2015). Pengembangan profesi bimbingan dan konseling. Jakarta: Erlangga.
Rejokirono. (2014). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling (Bk) di SLB Negeri Pembina Yogyakarta Dalam Menyiapkan Anak Tunagrahita Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Handayani, 2(1). https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1732
Santoso, R., Margana, & Wahyudi, A. T. (2015). Perancangan Buku Panduan Belajar Menggambar Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(6), 13.
Sefora, S., & Ngubane, S. A. (2023). Career development for students with disabilities in an open distance learning institution: A narrative inquiry. Disability & society, 38(3), 445-459.
Setiawan, A., & Gunarhadi, T. R. A. (2020). The Impact of Vocational-Based Learning on Career Decision Making Ability for Deaf Students in Schools. The Asian EFL Journal Proceedings Global Conference on Teaching, Assessment, and Learning in Education (GC-TALE 2019) Bali | 5th - 7th August, 2019. Hal. 47-58.
Shogren, K. A., & Wehmeyer, M. L. (Eds.). (2020). Handbook of adolescent transition education for youth with disabilities. Routledge.
Siahaan, D. N. A., Febridayanti, N., & Nurliana, N. (2023). Urgensi Program Bimbingan Karir. ITTIHAD, 4(2).
Slamet, St. Y., Winarni, R., & Hartono. (2019). Active learning in scientific writing skill using Indonesian textbook based on character education. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 012070. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012070
Sungkono, S. (2012). Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2).
Suryaman, M. (2012). Penggunaan Bahasa di Dalam Penulisan Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41-53.
Vigrestad Svinndal, Jensen Elisabeth Chris, Rise Marit By. (2019). “Employees with Hearing Impairment: A Qualitative Study Exploring Managers’ Experiences.” Disability and Rehabilitation. doi: 10.1080/09638288.2018.1541101.
Winarti, W., & Aprilia, I. D. (2021). Career Maturity for Deaf Children: Obstacles And Solutions. IJDS: Indonesian Journal of Disability Studies, 8(02), 523–529. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2021.008.02.18
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling. Quanta, 5(3), 111-118.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v19i2.81113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our Journal has been indexed by:
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.