PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL TERINTEGRASI MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Farida Hanum dan Setya Raharja,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran terintegrasi danmodel manajemen sekolah untuk mendukung pembelajaran multikultural. Penelitian inimenggunakan desain Research and Development (R & D). Hasil penelitian sebagai berikut.Pertama, model pembelajaran multikultural terpadu menggunakan modul dapat diterimapara guru sebagai model pembelajaran multikultural terintegrasi dengan materi IPS.Kedua, model manajemen pendidikan multikultural berbasis sekolah dapat diterima parakepala sekolah dan komite sekolah untuk mengelola dan menciptakan suasana kondusifuntuk pembelajaran multikultural.Kata kunci: multikultural, pembelajaran multikultural, model pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats