Pengaruh model pembelajaran dan sikap sosial terhadap hasil belajar Sejarah SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.23590Keywords:
hasil belajar sejarah, model pembelajaran, sikap sosialAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan sikap sosial terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain treatmen by level 2x2. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI IIS. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 4. Dengan jumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pilihan ganda dan yang digunakan untuk sikap sosial adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar sejarah siswa yang belajar dengan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap sosial siswa (3) hasil belajar sejarah siswa yang belajar dengan model pembelajaran TSTS dan memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dan memiliki sikap sosial tinggi (4) hasil belajar sejarah siswa yang belajar dengan model pembelajaran TSTS dan memiliki sikap sosial rendah lebih rendah dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dan memiliki sikap sosial rendah.Kata Kunci : hasil belajar sejarah, model pembelajaran, sikap sosialReferences
Baron, Robert A dan Donn Byrne. (2004). Social Psychology. Tenth Edition : Alih Bahasa Ratna Djuwita dkk. Jakarta: Erlangga.
Evi Gusviani. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD Yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 8. No.3 : 96-100, UPI.
Naijan. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Sikap Sosial terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Vol. 3. No.1, 24-32, Jakarta.
Reigeluth Charles M. (1999). Intructional Design Theories and Models : A New Paradigm of Intructional Theory. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Richey, Rita C., James D. Klein, Monica W. Tracey. (2011). The Intructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice. New York: Routledge.
Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Septimarmisa, Cahya. (2018). The Influence of Two Stay Two Stray Learning Model Nuanced by Scientific Literacy on Student Learning Competence in SMPN 4 KERINCI. Journal of Progressive Sciences and Technologies, Vol.8. No.1 : 89-95, Universitas Negeri Padang
Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.