PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KELAS SD (Alternatif Penciptaan Laboratorium SD yang Efektif )

Enny Zubaidah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Lingkungan kelas yang bernuansa ke-SD-an saat ini dibutuhkan oleh guru-guru SD, mahasiswa S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar (Dikdas), dan para pengambil kebijakan di bidang ke-SD-an. Itu semua dalam rangka untuk menyesuaikan antara ilmu yang dipelajari dengan dunia yang ada di lingkungan SD. Lingkungan kelas SD idealnya tersedia berbagai sarana sebagai media pembelajaran di SD. Sarana yang berupa media pembelajaran ke-SD-an itu, ditata secara proporsional melalui sudut-sudut mata pelajaran sebagaimana yang ada di SD dan jika mungkin ditambah sudut lain yang menunjang pelaksanaan pembelajaran di SD. Diharapkan melalui lingkungan tersebut, memungkinkan siswa dan guru dapat melaksanakan pembelajaran tentang  banyak hal. Hal itu karena di lingkungan kelas tersebut menyediakan berbagai sarana penunjang dan pendukung untuk mempelajari semua mata pelajaran yang ada di kelas SD.

__________________________________________________________________________________________________________________________________

UTILISING THE LEARNING MEDIA TO BUILD THE CLASS ENVIRONMENT

(Alternative Approach in Developing Effective Elementary School Laboratory)

ABSTRACT

To synchronise the theoretical knowledge taught in college with practical situation existed in elementary schools, all stakeholders of elementary schooling, such as teachers, students, and policy makers, require an environment that closely represents an elementary school-like atmosphere. In this sort of setting, we can find several facilities, as learning media, that are situated proportionally to align with the subjects taught in elementary schools or other perspectives that might be beneficial for supporting the learning process. Having this atmosphere enables students and teachers to gain more lessons during the learning process due to adequate supporting facilities.

Keywords: learning media, elementary schooling course, elementary school-like environment

Keywords


media pembelajaran; matakuliah ke-SD-an; lingkungan kelas SD

Full Text:

PDF

References


Abdorrakhman, G. (2010). Esensi praktis belajar dan pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Berk, L. E. (2006). Child develompment. Boston: Illinois State Univercity.

Depdiknas. (2003). Pendekatan kontekstual. (Contextual Teaching and Leaming (CTL). Jakarta: Departemen Pndidikan Nasional. Dirjen Dikdasmen. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2006. Kurikulum berbasis kompetensi sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.

Fountas, I.C. & Pinnel, G.S. (2001). Guiding Readers and Writers Grades 3-6. Portsmouth: Heinemann.

Glazer, S M & Brown, C. S. (1993). Portofolios and beyond: Collaborative assesment in reading and writing. Norwood: Christopher Gordon Publishers.

Glazer, S. M & Searfoss, L. W. (1988). Reading diagnosis and instruktion: a C-A-L-M Aproach. Englewood Cfffs, New Jersey: Prentice Hall.

Heinich, R; Molanden, M. & James, R D. (1986). Instructional media. New York: Macmillan Publishing Company.

Ibrahim, Sihkabundden; Suprijanto; Kustiawan, Usep. (2000). Media Pembelajaran, bahan sajian akta mengajar. Jakarta: Depdiknas. Universitas Negeri Malang. Fakultas llmu Pendidikan.

Kemendikbud. (2012). Kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Olilla, L.C & Margie I Mayfield. (1992). Emerging literacy. Preschool, Kindergarten, and Primary Grades. Boston: Allyn and Bacon.

Sardiman, A.S, dkk. (2014). Media pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suwito, Umar. (Tanpa tahun). Lingkungan kelas sebagai sumber belajar. Yogyakarta: Fakultas llmu Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats