PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA ANAGRAM DALAM METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Hengki Yudha Barnaba, , Indonesia
Asruddin Barori Tou, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Sagan Yogyakarta menggunakan media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilak-sanakan dalam  dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Jenis tindakan yang diterapkan adalah media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Tindakan dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu, tahap presentasi kelas, tahap diskusi kelompok, tahap permainan turnamen, dan yang terakhir tahap penghargaan kelompok. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media anagram dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV SD Negeri Sagan Yogyakarta.

Kata kunci: penguasaan kosakata, media anagram, pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats