EVALUASI KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Nurmin Nurmin MAN 2 Ambon
  • Badrun Kartowagiran Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2635

Abstract

Evaluasi ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan guru dalam mengimplementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar (SD) di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah yang terkait dengan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik, dan penilaian pembelajaran tematik. Evaluasi yang dilakukan terhadap kemampuan guru dalam mengimplementasi pembelajaran tematik menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif serta menggunakan model evaluasi Stake's Countenance Model. Hasil evaluasi menunjukan: (1) Sebagian besar (91,2%) guru SD di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah menyatakan perencanaan pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik. (2) Sebagian besar (76,5%) guru SD di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan proses pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik. (3) Sebagian besar (91,2%) guru SD di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah mampu melaksanakan penilaian pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik.

Kata kunci: evaluasi program, pembelajaran tematik.

Downloads

Published

2013-07-01

How to Cite

Nurmin, N., & Kartowagiran, B. (2013). EVALUASI KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2635

Issue

Section

Articles