EVALUASI KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2635Abstract
Evaluasi ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan guru dalam mengimplementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar (SD) di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah yang terkait dengan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik, dan penilaian pembelajaran tematik. Evaluasi yang dilakukan terhadap kemampuan guru dalam mengimplementasi pembelajaran tematik menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif serta menggunakan model evaluasi Stake's Countenance Model. Hasil evaluasi menunjukan: (1) Sebagian besar (91,2%) guru SD di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah menyatakan perencanaan pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik. (2) Sebagian besar (76,5%) guru SD di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan proses pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik. (3) Sebagian besar (91,2%) guru SD di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah mampu melaksanakan penilaian pembelajaran tematik dengan kategori cukup baik.Kata kunci: evaluasi program, pembelajaran tematik.
Downloads
Published
2013-07-01
How to Cite
Nurmin, N., & Kartowagiran, B. (2013). EVALUASI KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2635
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.