SISTEM INDIKATOR NILAI-NILAI MORAL UNIVERSAL SEBAGAI EVALUASI REFLEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER DI TK
Abstract
Pendidikan karakter adalah upaya menanamkan kebiasaan, agar anak selalu berfikir, bersikap dan berperilaku berdasar nilai-nilai kebaikan. Selama ini belum tersusun ukuran keberhasilan pendi-dikan karakter di TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pendidikan karakter di TK dan melakukan analisis hasil penggunaan instrumen dalam konteks TK yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan tiga tahapan yaitu studi awal, tahap perancangan menghasilkan konstruk, instrumen terdiri dari 137 indikator dari 11 nilai pilar karakter (3) ujicoba lapang pada enam TK di Kota Malang yang ditetapkan secara purposive, masing-masing TK diwakili oleh satu Kelas Nol Kecil dan satu Kelas Nol Besar, sampel siswa berjumlah 226 siswa. Kesimpulannya (1) guru sudah mengembangkan pembelajaran berbasis pendidikan karakter, yang dimasukkan bidang pembiasaan yaitu pengembangan moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, (2) instrumen asesmen untuk pendidikan karakter di TK adalah inventori yang diisi oleh guru, berupa rating scale pada 137 indikator pengetahuan, sikap dan perilaku anak TK terkait nilai-nilai kebaikan, dan (3) analisis hasil pada konteks TK yang berbeda menunjukkan bahwa secara umum pendidikan karakter sudah mencapai hasil yang baik, pada semua TK, skor paling tinggi ada pada nilai-nilai kerja sama, urutan kedua adalah nilai hormat dan skor paling rendah adalah aspek kebangsaan.
Kata Kunci : Pendidikan KarakterFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |