MODEL PENGUATAN SOFT SKILLS DALAM PEWUJUDAN CALON GURU KEJURUAN PROFESIONAL BERKARAKTER

Authors

  • Wagiran Wagiran FT UNY
  • Sudji Munadi FT UNY
  • Syukri Fathudin Achmad Widodo FT UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2258

Abstract

Tujuan umum penelitian ini untuk menghasilkan model teoretis penguatan soft skills dengan tujuan khusus untuk mendapatkan gambaran profil aktual soft skills, mendapatkan gambaran pembekalan soft skills, dan merumuskan model teoretis penguatan soft skills calon guru kejuruan profesional berkarakter. Penelitian ini dipecahkan melalui desain R&D. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat 68 dimensi soft skills yang diklasifikasi ke dalam lima dimensi utama, yakni jujur dan dapat dipercaya, tanggung jawab, disiplin, keteladanan, serta ketaatan terhadap etika; kedua, keunggulan calon guru adalah percaya diri, materi pembelajaran mutakhir, pemanfaatan IT, dan ketrampilan mengajar, sedangkan kelemahannya tampak dalam komunikasi interaktif dengan siswa, kurangnya disiplin, tanggung jawab, serta komunikasi dan inovasi; ketiga, pola penanaman soft skills dilakukan terhadap enam unsur, yakni kurikulum, pembelajaran, iklim akademik, kegiatan kemahasiswaan, kepemimpinan dan manajemen, serta hubungan sinergis dengan pemangku kepentingan, khususnya dunia usaha/industri

Downloads

Published

2013-06-06

How to Cite

Wagiran, W., Munadi, S., & Widodo, S. F. A. (2013). MODEL PENGUATAN SOFT SKILLS DALAM PEWUJUDAN CALON GURU KEJURUAN PROFESIONAL BERKARAKTER. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1). https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2258

Issue

Section

Artikel