PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KONSUMEN RITEL MINIMARKET KOTA YOGYAKARTA

Ikhsan Saputro,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel mediasi pada konsumen ritel minimarket kota Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen ritel minimarket di kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 180 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan offline yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Price Discount, dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Positive Emotion. (2) Positive Emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. (3) Price Discount, dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. (4) Price Discount, dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai variabel mediasi.

Keywords


Price Discount, Store Atmosphere; Positive Emotion; Impulse Buying

Full Text:

PDF

References


AC Nielsen. (2007). Survey of Consumer Behaviour and Perceptions Toward Modern and Traditional Trade Channels. Jakarta: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Aprilliani, Rina. (2017). Pengaruh Price Discount, Positive Emotion, dan In-store Stimuli Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. No. 6. ISSN: 2461-0593.

Azwar, Saifuddin. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Belch, George E., Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Fahd, Faishal. 2015. Analisis Pengaruh Promosi Dan Atmosfer Gerai Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Toko Busana Muslim Kharisma Banyumanik Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima Universitas Diponegoro, Semarang.

Gumilang,Wayan Aris dan Ketut Nurcaha(2016). Pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Emotional Shoppig dan Impulse Buying. E-jurnal manajemen Unud. Vol. 15, no. 3. ISSN :2302-8912.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, Denny., & Kunto, Yohanes Sondang. (2013). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion sebagai Variabel Intervening Studi Kasus di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Kristen Petra,Surabaya.

Kwan, Oky Gunawan. (2016). Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 10, No. 1, April 2016. Issn 1907-235X.

Leba, Elizabet. (2015). Pengaruh Atmosfer Gerai dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 4. Hal 16. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Lin, Miao-Que And Yi-Fang Chiang. 2010. The Influence Of Store Environment On Perceived Experimental Value And Behaviour Intention. Asia PasificManagement Review, 15(2), pp:281-299.

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Mowen, J.C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Alih Bahasa Lina Salim, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Erlangga.

Nabilah & Nasir, M. (2017). Analisis Pengaruh Diskon Harga, Bonus Pack, dan Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Konsumen Supermarket Carrefour Di Surakarta. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nofiawaty Dan Beli Yuliandi. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 12 No. 1.1.

Park, Eun Joo., Eun, Young Kim., Judith, Cardona Forney. (2006). A Structural Model of Fashion-oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 10 No.4: 433-446.

Premananto, Gancar Candra. (2007). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Impuls dengan Pendekatan Psikologi Lingkungandan Rantai Kausalitas. Jurnal Antisipasi, No.1, Hal. 172-184.

Putra, Brian Permana. 2014. Analisis Pengaruh Promosi, Emosi Positif, Dan Store Environment Terhadap Perilaku Impulse Buying Studi Kasus Pada Pelanggan Swalayan Tong Hien Di Kota Semarang. Skripsi Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Rachmawati, Veronika. (2009). Hubungan Antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, dan Perilaku Impulse Buying pada Konsumen Ritel. Jurnal Majalah Ekonomi. No. 2:192-208.

Setiyono, Agus Didik. (2015). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Dampaknya Terhadap Impulse Buying. Skripsi, tidak diterbitkan. Ekonomi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sullivan, Gia j., Dr. Iris B. Mauss. (2008). Got To Have It: The Effects of Stress and Automatic Regulation of Stress on Impulse Buying. Journal of Personality and Social Psychology, p. 1-49.

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2008). Strategi bisnis pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi. Offset.

Tolisindo, Josep. (2017). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Lampung, Bandarlampung.

Utami, Binar., (2016). Pengaruh Nilai Belanja Hedonik Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara. Skripsi . Jurusan Manajemen FE UNY.

Wilujeng, Sri. (2017). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomart di Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Kanjuruhan Malang.

Winantri, N.N. (2016). Pengaruh Kondisi Emosi dan Store Atmosphere

Terhadap Impulse Buying Di Indomaret Cabang Desa Tampaksiring Tahun 2016. Jurnal Ekonomi Indonesia 7 (2):2.

Winawati, Nur Fahmi., & Saino. (2015). Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. No.2.

Youn, Seounmi., & Faber Ronal J. (2000). Impulse Buying Its Relations to Personality Traits and Cues. Advances in Consumer Research. Volume 27, page 179-185.




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v16i1.25063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License