The Role of Perceived Usefulness on User Satisfaction of Regional Finance Information System
Bambang Purnomosidhi, Universitas Brawijaya, Indonesia
Wuryan Andayani, Universitas Brawijaya, Indonesia
Abstract
Abstract: The Role of Perceived Usefulness on User Satisfaction of Regional Finance Information System. This study aims to investigate empirically the influence of system quality, information quality, service quality and perceived usefulness on user satisfaction of the Regional Finance Information System. This study also examines the role of perceived usefulness on the effect of system quality, information quality, service quality on user satisfaction. Analysis technique using SEM (Structural Equation Modelling). Data were gathered from 147 staff of the finance management on all Regional Unit in Pemerintah Kota Batu. The samples selected by judgment sampling method. The findings show that the better of information quality and the higher of the user's perceived that the information systems were useful will increase user satisfaction. In addition, information quality will increase user trust on its support to decision making. Thus, will effect on the increase of user satisfaction.
Keyword: System Quality, Information Quality, Service Quality, Perceived Usefulness, User Satisfaction
Abstrak: Peran Mediasi Kegunaan Persepsian pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Keuangan Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan kegunaan persepsian terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD). Penelitian ini juga menguji peran mediasi kegunaan persepsian pada pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna SIKD. Teknik analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Data didapatkan dari 147 staff pengelola keuangan daerah di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Batu. Sampel dipilih dengan metode judgment sampling. Hasil penelitian menunjukkan semakin baik kualitas informasi dan semakin tinggi kepercayaan pengguna bahwa sistem informasi bermanfaat akan meningkatkan kepuasan pengguna. Selanjutnya, Informasi yang berkualitas akan meningkatkan kepercayaan penggunanya bahwa informasi yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan semakin baik sehingga berdampak pada meningkatnya kepuasan pengguna.
Kata kunci: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kegunaan Persepsian, Kepuasan Pengguna
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adji, Y. (2016). Server gangguan, pencetakan e-KTP Subang terhambat. Retrieved July 25, 2017, from http://www.pikiran-rakyat.com
Al-Adaileh, R.M. (2009). An Evaluation of Information Systems Success: A User Perspective: The Case of Jordan Telecom Group. European Journal of Scientific Research, 37(2), 226-239.
Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
DeLone, W.H., & McLean, E.R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Systems, 19(4), 9-30.
Dia. (2014). Musim lelang LPSE tidak dapat diakses. Retrieved July 25, 2017, from http://www.korankaltim.com
Doll, W.J. & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-user Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12(2), 259-274.
Gautama, W. (2016). Ini Penjelasan Dispenda Mengenai Gangguan Server di Kantor Samsat Rajabasa. Retrieved July 25, 2017, from http://www.tribunnews.com
Harjito, Y., Achyani, F., & Payamta (2015). Implementasi E-Procurement Ditinjau Dari Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Model Delone dan McLean. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(1), 61-82.
Hartono, J. (2007) Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta, Indonesia: Andi.
Indriasari, R. (2008). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Penggunaan Nyata Terhadap Kepuasan Pemakai: Studi pada Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah. Unpublished Thesis, Universitas Brawijaya, Malang.
Jamaludin, F. (2015). Pendaftaran online SDN di Jakarta alami gangguan. Retrieved July 25, 2017, from https://www. merdeka.com
Karaman, E., & Bolen, M.C. (2015). Validating Information Systems Success Model Within Open Educational Context. Ekev Akademi Dergisi, 19(64), 101-114.
KPPNJKTVII. (2016) Pemberitahuan gangguan pada jaringan SPAN. Retrieved July 25, 2017, from http://kppnjakarta7.net
Muharor, A., & Busaini, F. (2015). Determinan Kesuksesan Aplikasi SIA Komdanas Pada Satuan Kerja Di Koordinator Wilayah Pengadilan Tinggi Mataram. Jurnal InFestasi, 11(2), 151-170.
Nursudi. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Pelaporan Keuangan Pemerintah. Diponegoro Journal of Accounting, 2(3),1-12.
Palm, J.M., Colombet, I., Sicotte, I., & Degoulete, P. (2006). Determinants of User Satisfaction with a Clinical Information Systems. Proceedings of the American Medical Informatics Association, (pp. 614-618).
Peter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European Journal of Information Systems, 17, 236-263.
Redaksi. (2016). Data center rusak, layanan pabean terganggu. Retrieved July 25, 2017, from http://koran.bisnis.com
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah No.56 Tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah. Lembaran Negara RI Tahun 2005, No.138. Sekretariat Negara RI. Jakarta.
Rukmiyati & Budiartha. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi: Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1),115-142.
Saleh, Darwanis, & Bakar, U. (2012). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi terhadap Kualitas Informasi Akuntansi Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Software Akuntansi pada Pemerintah Aceh. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(1), 110-124
Seddon, P.B., & Kiew, M.Y. (1996). A Partial Test and Development of DeLone and McLean's Model of IS Success. Australian Journal of Information Systems, 4(1), 90-109.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 Untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.15172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Archive, Citation & Indexing:
More archive, citation, & indexing...
This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License