Pengembangan Mirror Gerakan Pada Robot Humanoid Dengan Bantuan Aplikasi Invers Motion Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Robotika
DOI:
https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1499Keywords:
ADDIE, mirror gerakan, media pembelajaran, robot humanoid, invers motionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) merancang sistem pengembangan mirror gerakan pada robot humanoid dengan bantuan aplikasi invers motion sebagai media pembelajaran mata kuliah Robotika; (2) mengetahui unjuk kerja pengembangan mirror gerakan pada robot humanoid dengan bantuan aplikasi invers motion; (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran pengembangan mirror gerakan pada robot humanoid dengan bantuan aplikasi invers motion berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi; dan (4) mengetahui respon pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di Program Studi DPTE FT UNY dengan subjek mahasiswa, ahli media, dan ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert empat tingkat, dengan uji validitas konstruk oleh ahli dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk menilai unjuk kerja dan kelayakan media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) media pembelajaran berupa robot humanoid yang dilengkapi mikrokontroler OpenCM 9.04, serta motor servo Dynamixel XL-320; (2) unjuk kerja sistem menunjukkan keberhasilan implementasi metode pemrograman mirror dalam pengendalian sudut servo dibuktikan dengan analisis data dari 3 kali percobaan membandingkan sudut servo hasil program mirror dengan sudut servo sebenarnya diperoleh rata-rata error kurang dari 1% ; (3) Tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian ahli media dengan skor 76, ahli materi 81, dan pengguna 81,6, dengan kriteria penilaian “Sangat Layak”.
Downloads
References
[1] Andriani, A., Ayu Saputri, D., Hopipah, R., & Puspa Dewi, T. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23657
[2] Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
[3] Chamdani, M. N. (2022). Kinematika Terbalik. October, 2–4.
[4] R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer, 2009
[5] Devi, Nur.L. (2021). Pemrograman Motion Tangan Robot Humanoid Berbasis Opencm 9.04 Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Robotika. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
[6] Dr.Hasnul Fikri, M., & Ade Sri Madona, S. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif. (S. M. Hendrizal, Ed.) Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
[7] Durrotun, B. (2023). Pengembangan Aktivasi 2 Buah Robot Menggunakan Suara Musik Yang Tersambung Dengan Komunikasi Bluetooth Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Robotika. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
[8] Fakhrurrazi. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF Oleh : Fakhrurrazi ∗ ABSTRAK. At-Tafkir, XI(1), 85–99.
[9] Indriani, N., & Hasanah, T. F. (2023). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Journal Educational Management Reviews and Research, 2(01), 57–70. https://doi.org/10.56406/emrr.v2i01.386
[10] Lammer, L., Lepuschitz, W., Kynigos, C., Giuliano, A., & Girvan, C. (2017). ER4STEM Educational Robotics for Science, technology, Engineering and Mathematics. Switzerland: Springer International Publishing Switzerland 2017.
[11] Jalil Pascasarjana Magister Sistem Komputer STMIK Handayani Makassar Jl Adhyaksa Baru No, A. (2016). Ko nfe re nsi Na sio na l Ilm u Ko mpute r (KO NIK) 2016 RANCANG BANGUN ROBOT HUMANOID.
[12] ROBOTIS.(2010).ROBOTISe-Manual.Diakses dari http://emanual.robotis.compada tanggal 12 Januari 2025, pukul 10.30 WIB.
[13] Sanjaya. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur.
[14] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
[15] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kuali-tatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[16] Sukmadinata. ((2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
[17] Panulisan, B. S., Akmal, R. F., Suzanti, W., Handayani, Y. S., Rahmatullah, A., Hamdan, H., & Santosa, W. A. S. (2023). Pengendali Robot dengan Mikro-kontroler Arduino Berbasis Smartphone Android. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 421–432. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.937
[18] Widyoko, S. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
[19] Iskandar, R. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Dta At-Tawakal Kota Bandung. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 97. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3778
[20] Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, & Khoirunnisa. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Bunder III. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
[21] Novikasari, I. (2017). Uji Validitas Instrumen. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017,1(1),530–535. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/1075/799
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Journal of Electrical Engineering and Education (JEEE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Journal.