IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PMKR KELAS XI TKR 1 SMKN 3 YOGYAKARTA

Authors

  • Irfan Gigih Pramudya Universitas Negeri Yogyakarta
  • Herminarto Sofyan Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI TKR 1 SMKN 3 Yogyakarta setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tahapan-tahapan seperti pada umumnya yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKR 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, angket, dan tes evaluasi hasil belajar. Validasi instrumen menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian dikatakan berhasil apabila terdapat peningkatan nilai motivasi belajar dan hasil belajar dari siklus satu ke siklus berikutnya dengan rincian motivasi belajar 75% dari jumlah peserta didik mencapai nilai minimal 75 dan hasil belajar 75% dari jumlah peserta didik mampu mencapai nilai KBM yaitu sebesar 75.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan siswa kelas XI TKR 1 SMKN 3 Yogyakarta meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar dan hasil belajar. Motivasi belajar pada siklus I meningkat dari 66 menjadi 74 dengan persentase kelulusan 55,88% dan pada siklus II motivasi belajar meningkat dari 74 menjadi 78 dengan persentase kelulusan 82,35%. Hasil belajar pada siklus I meningkat dari 68 menjadi 75 dengan persentase kelulusan 58,82% dan siklus II meningkat dari 75 menjadi 79 dengan persentase kelulusan 79,41%.

Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

This research aims to determine the increase in learning motivation and student learning outcomes in light vehicle engine maintenance for class XI TKR 1 SMKN 3 Yogyakarta after the learning process uses the assignment method.This research is a classroom action research using the usual stages starting from planning, implementing, observing, and reflecting which is carried out for two cycles and each cycle consists of two meetings. This research was conducted at SMKN 3 Yogyakarta with the research subjects of class XI TKR 1. The data collection techniques used were observation sheets, questionnaires, and learning outcomes evaluation tests. Instrument validation uses content validity. The data analysis used is descriptive quantitative data analysis. The research is said to be successful if there is an increase in the value of learning motivation and learning outcomes from cycle one to the next cycle with details of learning motivation 75% of the total number of students achieving a minimum score of 75 and learning outcomes of 75% of the number of students being able to achieve the KBM value of 75.The results showed that learning motivation and learning outcomes in light vehicle engine maintenance subjects for class XI TKR 1 SMKN 3 Yogyakarta increased after using the assignment learning method. This is evidenced by the increase in learning motivation and learning outcomes. Learning motivation in the first cycle increased from 66 to 74 with a passing percentage of 55.88% and in the second cycle learning motivation increased from 74 to 78 with a passing percentage of 82.35%. Learning outcomes in the first cycle increased from 68 to 75 with a passing percentage of 58.82% and the second cycle increased from 75 to 79 with a passing percentage of 79.41%.

 

Keywords: Assignment method, Learning Motivation, Learning Outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Gigih Pramudya, I., & Sofyan, H. (2024). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PMKR KELAS XI TKR 1 SMKN 3 YOGYAKARTA. Journal of Automotive Technology and Education , 1(2), 1–10. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/publications/jate/article/view/682

Issue

Section

Articles