PENGARUH SISTEM PENJURUSAN TERHADAP MINAT KEPADA JURUSAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Indonesia, Inggris

Authors

  • Joko Sriyanto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rizky Aditya Alfath Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

Sistem Penjurusan, Minat Kepada Jurusan, Motivasi Belajar, Majoring system, Interest Of Majors, Learning Motivation

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh sistem penjurusan terhadap minat kepada jurusan, (2) untuk mengetahui pengaruh sistem penjurusan terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan dengan sistem penjurusan yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa teknik otomotif dari dua sekolah berbeda yaitu SMK Negeri 2 Klaten dan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan statistik komparatif dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada minat kepada jurusan dan motivasi belajar siswa dengan sistem penjurusan hanya berdasarkan nilai akademik dengan sistem penjurusan berdasarkan gabungan nilai akademik dan minat bakat. Perbedaan ini ditunjukkan dengan hasil uji independent sample t test memperoleh hasil pengaruh sistem penjurusan terhadap minat kepada jurusan sebesar 0,00 < 0,05 dan t hitung (4,239) > dari t tabel (1,98). Sedangkan untuk pengaruh sistem penjurusan terhadap motivasi belajar 0,014 < 0,05 dan t hitung (2,491) > t tabel (1,98). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara sistem penjurusan terhadap minat kepada jurusan dan motivasi belajar, sehingga dapat dikatakan sistem penjurusan berpengaruh terhadap minat kepada jurusan dan motivasi belajar. Siswa dengan sistem penjurusan berdasarkan gabungan nilai akademik dan minat bakat mempunyai minat kepada jurusan dan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem penjurusan hanya berdasarkan nilai akademik. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan nilai mean antara kedua sistem penjurusan yaitu 77,57 berbanding 62,7 untuk minat kepada jurusan dan 83,4 berbanding 79,2 untuk motivasi belajar.

Kata kunci: Sistem Penjurusan, Minat Kepada Jurusan, Motivasi Belajar.

 

            ABSTRACT

The objectives of this study are: (1) to determine the effect of the majoring system on interest in majors, (2) to determine the effect of the majoring system on the learning motivation of Vocational High School students with different majoring systems. This research is a comparative research using quantitative approach. The population of this study was automotive engineering students from two different schools, namely SMK Negeri 2 Klaten and SMK Negeri 3 Yogyakarta. The sampling technique used proportional random sampling. Data were collected using a questionnaire or questionnaire. Data analysis was done by descriptive analysis and comparative statistics using t test. The results showed that there was a significant difference in interest in majors and learning motivation of students with a majoring system based only on academic grades with a majoring system based on a combination of academic grades and talent interest. This difference is shown by the results of the independent sample t test which obtained the results of the influence of the majoring system on interest in majors of 0.00 < 0.05 and t count (4.239)> from t table (1.98). Meanwhile, the effect of the majoring system on learning motivation is 0.014 < 0.05 and t count (2.491) > t table (1.98). So it can be concluded that there is a significant difference between the majoring system on interest in majors and learning motivation so that it can be said that the majoring system affects interest in majors and learning motivation. Students with a majoring system based on a combination of academic grades and talent interests have a higher interest in majors and motivation to learn compared to a majoring system based only on academic grades. This is evidenced by the comparison of mean values between the two majoring systems, namely 77.57 versus 62.7 for interest in majors and 83.4 versus 79.2 for learning motivation.

Keyword : Majoring system, Interest Of Majors, Learning Motivation

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Sriyanto, J., & Aditya Alfath, R. (2024). PENGARUH SISTEM PENJURUSAN TERHADAP MINAT KEPADA JURUSAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN: Indonesia, Inggris. Journal of Automotive Technology and Education , 1(3). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/publications/jate/article/view/866

Issue

Section

Articles