PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER KEJURUAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Indonesia, Inggris
Keywords:
ekstrakurikuler, keaktifan siswa, motivasi belajar, prestasi belajar, extracurricular, student activity, learning motivation, learning achievementAbstract
Abstrak
Dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui (1) pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kejuruan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kejuruan terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis ex post facto. Populasi yaitu peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, SMKN 1 Gombong tahun 2021/2022 dengan jumlah 216 peserta didik. Instrumen yaitu kuesioner dan nilai rapor. Analisis data yang digunakan regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan hasil (1) Ada pengaruh yang signifikan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kejuruan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan signifikansi 0.000 < 0.05, (2) Ada pengaruh yang signifikan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kejuruan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, (3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Gombong tahun ajaran 2021/2022, dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
Kata Kunci: ekstrakurikuler, keaktifan siswa, motivasi belajar, prestasi belajar
Abstract
In this study, it is intended to find out (1) the effect on student activity in vocational extracurricular activities and learning motivation on learning achievement, (2) the effect on student activity in vocational extracurricular activities on student achievement, and (3) the effect of and learning motivation on learning achievement. This type of research is ex post facto. The population is Class XI students the Motorcycle Businnes Enginering Skills Competence and Automotive Light Vehicle Engineering Skills Study Program at SMKN 1 Gombong for the 2021/2022 academic year which opens 216 students. The instruments are questionnaires and report cards. The data analysis technique used multiple regression. The results showed that (1) There was a significant effect of student activity in vocational extracurricular activities on student achievement, with a significance value of 0.000 <0.05, (2) There is a significant effect of learning motivation on student achievement, with a significance value of 0.000 <0.05, (3) There is a significant effect of learning motivation on student achievement in the Automotive Engineering Expertise Program at SMKN 1 Gombong for the 2021/2022 academic year, with significance value of 0.000 <0.05.
Keywords: extracurricular, student activity, learning motivation, learning achievement