Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran IPS

Rijeki Sugestiningsih, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Ajat Sudrajat, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk: (1) peningkatan kerja sama, dan (2) peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan pre-test post-test nonequivalent group design. Pengujian hipotesis dengan teknik independent sample t-test. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS, dengan nilai t = 0,004 < 0,05. Rerata gain score kerja sama siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan NHT (0,73 > 0,62). (2) Terdapat perbedaan model kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS, dengan nilai t = 0,000 < 0,05. Hasil rerata gain score tanggung jawab siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan NHT (0,87 > 0,57). Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab siswa.


Full Text:

DOWNLOAD FULL TEXT

References


Arends, R. I. (2008). Learning to teach belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (buku asli diterbitkan 2007).

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Walker, D. A. (2012).

Introduction to research in education. Belmont: Wadsworth.

Carpenter, J. M. (2006). Effective teaching methods for large classes. Jurnal of Family & Consumer Sciences Education (Vol. 24, 2).

Dewantara, K. H. (2004). Karya ki hadjar dewantara bagian pertama pendidikan: Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Lickona, T. (2013). Educating for character: mendidik untuk membentuk karakter bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). New York: Corwin Press Inc. (buku asli diterbitkan 2002).

Lie, A. (2004). Cooperative learning: mempraktikkan cooperatif learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pardjono. (2014). Pengembangan karakter siswa SMK melaui mata pelajaran: kajian kasus dalam mata pelajaran gambar teknik mesin. Proceeding memantapkan pendidikan karakter untuk melahirkan insan bermoral, humanis, dan profesional. Yogyakarta, 453-467.

Partana, C. F. (2008). Kajian efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan stad pada mata pelajaran IPA aspek kimia di SMP 2 Mlati Sleman. Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan, No. 2, 152-163.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI nomor 20, tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Solihatin, E & Raharjo. (2009). Cooperative learning: analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Suryadi, A. (2014). Pendidikan Indonesia menuju 2025 outlook: permasalahan, tantangan & alternatif kebijakan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tran, V. D. & Lewis, R. (2012). The effects of jigsaw learning on students attitudes in a vietnamese higher education classroom. International Jurnal of Higher Education Vol. 1, No. 2, 9-20).

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats