Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran IPS

Authors

  • Rijeki Sugestiningsih Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ajat Sudrajat Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22669

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk: (1) peningkatan kerja sama, dan (2) peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan pre-test post-test nonequivalent group design. Pengujian hipotesis dengan teknik independent sample t-test. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS, dengan nilai t = 0,004 < 0,05. Rerata gain score kerja sama siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan NHT (0,73 > 0,62). (2) Terdapat perbedaan model kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS, dengan nilai t = 0,000 < 0,05. Hasil rerata gain score tanggung jawab siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan NHT (0,87 > 0,57). Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab siswa.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to teach belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (buku asli diterbitkan 2007).

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Walker, D. A. (2012).

Introduction to research in education. Belmont: Wadsworth.

Carpenter, J. M. (2006). Effective teaching methods for large classes. Jurnal of Family & Consumer Sciences Education (Vol. 24, 2).

Dewantara, K. H. (2004). Karya ki hadjar dewantara bagian pertama pendidikan: Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Lickona, T. (2013). Educating for character: mendidik untuk membentuk karakter bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). New York: Corwin Press Inc. (buku asli diterbitkan 2002).

Lie, A. (2004). Cooperative learning: mempraktikkan cooperatif learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pardjono. (2014). Pengembangan karakter siswa SMK melaui mata pelajaran: kajian kasus dalam mata pelajaran gambar teknik mesin. Proceeding memantapkan pendidikan karakter untuk melahirkan insan bermoral, humanis, dan profesional. Yogyakarta, 453-467.

Partana, C. F. (2008). Kajian efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan stad pada mata pelajaran IPA aspek kimia di SMP 2 Mlati Sleman. Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan, No. 2, 152-163.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI nomor 20, tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Solihatin, E & Raharjo. (2009). Cooperative learning: analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Suryadi, A. (2014). Pendidikan Indonesia menuju 2025 outlook: permasalahan, tantangan & alternatif kebijakan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tran, V. D. & Lewis, R. (2012). The effects of jigsaw learning on students attitudes in a vietnamese higher education classroom. International Jurnal of Higher Education Vol. 1, No. 2, 9-20).

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2018-07-01

How to Cite

Sugestiningsih, R., & Sudrajat, A. (2018). Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran IPS. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22669