IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KOMPETENSI TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI TKRO 2 SMK NASIONAL MALANG

Authors

  • Bima Afif Bagas Saputra Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Partono Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Syaiful SMK Nasional Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.84789

Abstract

Penelitian ini perlu dilakukan karena memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar murid pada kompetensi transmisi manual dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas XI TKRO 2 SMK Nasional Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau yang biasa disebut PTK dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi minat belajar murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan signifikan pada rata-rata nilai dan persentase minat belajar murid terlihat dari tahap prasiklus hingga siklus 2. Pada prasiklus, rata-rata nilai minat belajar murid sebesar 15,42 (38,54%), kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 25,17 (62,92%), dan keberhasilan maksimal dicapai pada siklus 2 dengan nilai 34,38 (85,94%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu membuat suasana pembelajaran menjadi lebih aktif dan menarik sehingga minat belajar murid dapat ditingkatkan.

 

Kata Kunci:  minat belajar, Problem Based Learning (PBL), transmisi manual

References

Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Junal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=641778&val=11050&title=Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan

Courtner, A. S. (2014). Impact of Student Engagement on Academic Performance and Quality of Relationships of Traditional and Nontraditional Students. International Journal of Education, 6(2), 24. https://doi.org/10.5296/ije.v6i2.5316

Dewita Sandri, N. (2023). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. 2(1), 175–185.

Institut, S., Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Karangrejo, J., Ix, T., Ag, S., Kelas, W., & Tkro, X. I. I. (2020). SMK Teuku Umar Semarang. 3(2), 16–24.

Khadijatuzzahra, K., Jovita, N., & Nahdiyyah, N. (n.d.). Efek Model PBL pada Pelajaran Matematika dengan Strategi Pendekatan Berdiferensiasi Siswa SMA. 2008.

Kurrokhmat, T., & Barliana, M. S. (2021). Problem Based Learning pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa: Literatur Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 592–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1134

Mustofa, M. H., Apriyanto, N., & Bahtiar, F. Z. (2023). Kelayakan Fasilitas Bengkel Otomotif Tkro ( Teknik Kendaraan Ringan Dan Otomotif ) Di Smk Negeri 4 Kendal. 1(1), 136–145.

Nugraheni, A. A., Winarno, A., & Fibriana, F. (2023). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 1 Semarang. 38–44.

Sinaga, D. (2024). BUKU PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) (M. P. Aliwar, S.Ag. (ed.)). Universitas Kristen Indonesia.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wanto, S., Djaelani, A. R., & Setiawan, T. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM STATER MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA TRAINER PADA SISWA ( TKRO ) SMK Islam Al Fadhila Kabupaten banyak siswa yang mengalami kesu-litan sistem Stater Mobil . pembelajaran peserta didik kelas XI bersama d. Peningkatan Hasil Belajar Sistem Stater Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Trainer Pada Siswa, 2(2), 34–42.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569

Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915–921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286

Zahrah Fathinnisa Putri, A. A. R. (2024). Penerapan Model Problem Based LearningTerintegrasi Pendekatan Teaching at the Right Level(TaRL)untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 4(August), 933–942.

Halimah, H., Haikal, M., & Ramadani, S. D. (2023). Efektivitas Problem-Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis: Sebuah Studi Komparatif. Journal of Authentic Research, 3(1), 65–80. https://doi.org/10.36312/jar.v3i1.1370

Prasetyo, I. A., Harimurti, R., Baskoro, F., & Rakhmawati, L. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Malang. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 10(2), 98–107. https://doi.org/10.32528/jpto.v10i2.5476

Rahmawati, N., Astuti, R., & Indrawati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 45–53. https://doi.org/10.30738/jip.v9i1.10123

Setiawan, A., & Wibowo, R. A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem Transmisi. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 25–33. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/29800

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Bagas Saputra, B. A., Partono, P., & Syaiful, S. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KOMPETENSI TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI TKRO 2 SMK NASIONAL MALANG. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 7(2), 55–65. https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.84789

Issue

Section

Articles

Citation Check