IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KOMPETENSI TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI TKRO 2 SMK NASIONAL MALANG
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.84789Abstract
Penelitian ini perlu dilakukan karena memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar murid pada kompetensi transmisi manual dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas XI TKRO 2 SMK Nasional Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau yang biasa disebut PTK dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi minat belajar murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan signifikan pada rata-rata nilai dan persentase minat belajar murid terlihat dari tahap prasiklus hingga siklus 2. Pada prasiklus, rata-rata nilai minat belajar murid sebesar 15,42 (38,54%), kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 25,17 (62,92%), dan keberhasilan maksimal dicapai pada siklus 2 dengan nilai 34,38 (85,94%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu membuat suasana pembelajaran menjadi lebih aktif dan menarik sehingga minat belajar murid dapat ditingkatkan.
Kata Kunci: minat belajar, Problem Based Learning (PBL), transmisi manual
References
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Junal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=641778&val=11050&title=Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan
Courtner, A. S. (2014). Impact of Student Engagement on Academic Performance and Quality of Relationships of Traditional and Nontraditional Students. International Journal of Education, 6(2), 24. https://doi.org/10.5296/ije.v6i2.5316
Dewita Sandri, N. (2023). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. 2(1), 175–185.
Institut, S., Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.
Karangrejo, J., Ix, T., Ag, S., Kelas, W., & Tkro, X. I. I. (2020). SMK Teuku Umar Semarang. 3(2), 16–24.
Khadijatuzzahra, K., Jovita, N., & Nahdiyyah, N. (n.d.). Efek Model PBL pada Pelajaran Matematika dengan Strategi Pendekatan Berdiferensiasi Siswa SMA. 2008.
Kurrokhmat, T., & Barliana, M. S. (2021). Problem Based Learning pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa: Literatur Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 592–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1134
Mustofa, M. H., Apriyanto, N., & Bahtiar, F. Z. (2023). Kelayakan Fasilitas Bengkel Otomotif Tkro ( Teknik Kendaraan Ringan Dan Otomotif ) Di Smk Negeri 4 Kendal. 1(1), 136–145.
Nugraheni, A. A., Winarno, A., & Fibriana, F. (2023). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 1 Semarang. 38–44.
Sinaga, D. (2024). BUKU PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) (M. P. Aliwar, S.Ag. (ed.)). Universitas Kristen Indonesia.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wanto, S., Djaelani, A. R., & Setiawan, T. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM STATER MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA TRAINER PADA SISWA ( TKRO ) SMK Islam Al Fadhila Kabupaten banyak siswa yang mengalami kesu-litan sistem Stater Mobil . pembelajaran peserta didik kelas XI bersama d. Peningkatan Hasil Belajar Sistem Stater Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Trainer Pada Siswa, 2(2), 34–42.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915–921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286
Zahrah Fathinnisa Putri, A. A. R. (2024). Penerapan Model Problem Based LearningTerintegrasi Pendekatan Teaching at the Right Level(TaRL)untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 4(August), 933–942.
Halimah, H., Haikal, M., & Ramadani, S. D. (2023). Efektivitas Problem-Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis: Sebuah Studi Komparatif. Journal of Authentic Research, 3(1), 65–80. https://doi.org/10.36312/jar.v3i1.1370
Prasetyo, I. A., Harimurti, R., Baskoro, F., & Rakhmawati, L. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Malang. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 10(2), 98–107. https://doi.org/10.32528/jpto.v10i2.5476
Rahmawati, N., Astuti, R., & Indrawati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 45–53. https://doi.org/10.30738/jip.v9i1.10123
Setiawan, A., & Wibowo, R. A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem Transmisi. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 25–33. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/29800
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.