IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KOMPETENSI WHELL ALIGNMENT SISWA KELAS XI TKR DI SMK NASIONAL MALANG
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.84827Keywords:
Problem Based Learning, learning interest, wheel alignmentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa dalam kompetensi wheel alignment melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas XI TKR SMK Nasional Malang. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, dengan masing-masing siklus mencakup empat tahapan sistematis: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian melibatkan 20 siswa kelas XI TKR yang teridentifikasi memiliki tingkat minat belajar yang rendah pada kompetensi wheel alignment. Temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan yang substansial pada minat belajar siswa dari kondisi awal sebelum intervensi (pra-siklus) dengan rerata skor 19 (47,5%) yang terkategori rendah, kemudian meningkat pada siklus pertama menjadi 28,45 (71,125%), dan akhirnya mencapai 34,05 (85,125%) pada siklus kedua. Total peningkatan sebesar 37,625% dari kondisi awal hingga akhir penelitian memvalidasi efektivitas implementasi model PBL dalam meningkatkan minat belajar siswa pada kompetensi wheel alignment. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa transformasi pendekatan pembelajaran dari awalnya berpusat pada guru kini sudah berpusat pada siswa. melalui aplikasi model PBL berhasil menstimulasi minat belajar siswa dengan membangun lingkungan pembelajaran yang kontekstual dan memiliki relevansi tinggi dengan realitas dunia kerja di sektor industri otomotif.
References
Fatwa, I., Larosa, E., & Absa, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TPBO SMKN 2 Depok. Steam Engineering, 4(2), 97-104.
Nurbiyanto, E. (2019). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI jurusan TKR SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(1), 115-126.
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi model pembelajaran problem based learning berbantukan geogebra untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286
Sarumaha, H. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MASALAH EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI DI KELAS X-TKJ SMK NEGERI 1 FANAYAMA. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1-14.
Marlini, K. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas X Mm-2 Smk Negeri 1 Denpasar Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 197-204.
Julianto, M. A. J. (2023). Implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan classcraft untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas x tkj di smkn 1 kepanjen/Mochamad Angga Julianto (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Dhairabi, A. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Smkn 1 Labuhan Haji Timur (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Asnita, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dilengkapi Media Kartu Soal terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia di Smk Muhamadiyah Cerenti. Jom Ftk Uniks (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 1(1), 61-65.
Rahmasari, M. P., Kusumawati, R., & Hidayati, D. W. (2024, December). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMK BUDI LUHUR. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM (pp. 239-246).
Rahimma, W., Hadeli, H., Eliza, R., & Trinova, Z. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 176-183.
Marthaningrum, E., & Hardini, A. T. A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4705-4722.
Wusananto, T., Faiziyah, N., & Wahyuningsih, E. A. (2022). Penerapan model PBL berbasis PPT berbantuan soal cerita untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Pendidikan.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Murtihapsari, M., Achmad, F., Larasati, C. N., & Yogaswara, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat Hasil Belajar Kimia pada Peserta Didik. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 64-69.
Saputri, M., Muliadi, A., & Safnowandi, S. (2022). Profil Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XI. Educatoria: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 148-155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.