Pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif secara Online pada Kuliah Kimia Fisika II

Penulis

  • Marfuatun Marfuatun Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Endang Widjajanti LFX Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Suwardi Suwardi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2479

Kata Kunci:

pembelajaran kooperatif, online, efektivitas

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  desain, tingkat keterlaksanaan dan efektivitas pembe-lajaran kooperatif secara online pada kuliah Kimia Fisika II. Penelitian ini didesain sebagai penelitian pengembangan dengan tujuh tahap yaitu perencanaan, pengembangan metode, aplikasi I, revisi I, aplikasi II, revisi II dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain metode pembelajaran kooperatif seca-ra online yang lebih efektif adalah pembagian kelompok, kuliah tatap muka dengan dosen, diskusi dilaku-kan secara online, penulisan laporan kegiatan diskusi secara online, dan evaluasi secara online. Tingkat keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif secara online cukup baik, namun perlu adanya dukungan sarana yang memadai, baik komputer maupun server e-learning. Adapun penerapan metode pembelajaran kooperatif secara online dianggap belum efektif, karena tingkat ketuntasan belajar mahasiswa baru mencapai 25,93% dengan nilai rata-rata 65,7.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, online, efektivitas

Diterbitkan

2013-12-13

Cara Mengutip

Marfuatun, M., LFX, E. W., & Suwardi, S. (2013). Pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif secara Online pada Kuliah Kimia Fisika II. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2479

Terbitan

Bagian

Articles