Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Treffinger

Penulis

  • Bambang Priyo Darminto Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2476

Kata Kunci:

treffinger, kreativitas, pemecahan masalah matematis

Abstrak

Salah satu kompetensi profesional guru matematika adalah kemampuan memecahkan masalah mate-matis. Di tingkat sekolah menengah, peningkatan kemampuan ini dipengaruhi oleh kreativitas. Artinya, jika kreativitas siswa semakin tinggi, maka kemampuan memecahkan masalah matematisnya pun semakin baik, dan sebaliknya. Penerapan model Treffinger dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah telah terbukti dapat mengembangkan kreativitas siswa. Dalam penelitian ini, model Treffinger diterapkan pada mahasiswa calon guru matematika dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan matematis. Sampel sebanyak 32 mahasiswa dari program studi pendidikan matematika diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan memecahkan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Treffinger signifikan mempengaruhi peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematis. Hal ini disebabkan karena mahasiswa telah memiliki variasi, kreativitas, dan pengalaman sehingga dapat dikembangkan dengan cepat dalam memecahkan masalah matematis.

Kata kunci: treffinger, kreativitas, pemecahan masalah matematis

Diterbitkan

2013-12-13

Cara Mengutip

Darminto, B. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 101–107. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2476

Terbitan

Bagian

Articles