Character Education through Exemplary of TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid: Prospective Teacher's Perception

Authors

  • Muhammad Halqi Universitas Hamzanwadi
  • Agus Muliadi Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.36274

Keywords:

Character education, exemplary, prospective-teacher's perceptions

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa calon guru matematika tentang pendidikan karakter melalui keteladanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Studi  ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif, yang respondennya yaitu 42 mahasiswa calon guru matematika di Universitas Hamzanwadi Lombok Timur NTB. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala likert dan telah divalidasi (validasi ahli). Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan Moderat Regression Analysis (MRA) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa calon guru matematika tentang pendidkkan karakter melalui keteladanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid dikategorikan Baik; (2) ada pengaruh pengetahuan mahasiswa terhadap persepsinya tentang pendidikan karakter melalui keteladanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid; (3) ada pengaruh pengetahuan mahasiswa dimediasi keaktifan keluarganya dalam organisasi Nahdlatul Wathan (NW), keaktifan mahasiswa dalam organisasi NW, dan dukungan perguruan tinggi terhadap persepsi mahasiswa pendidikan karakter melalui keteladanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid; dan (4) ada peningkatkan pengaruh pengetahuan mahasiswa dimediasi keaktifan keluarganya dalam organisasi NW, keaktifan mahasiswa dalam organisasi NW terhadap persepsi mahasiswa.

 

Kata kunci: Pendidikan karakter, keteladanan, persepsi mahasiswa.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

[1]
Halqi, M. and Muliadi, A. 2021. Character Education through Exemplary of TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid: Prospective Teacher’s Perception. Jurnal Pendidikan Karakter. 12, 2 (Oct. 2021), 159–173. DOI:https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.36274.

Issue

Section

Articles