PENERAPAN ALAT PEMBELAJARAN DEMONSTRATION OF EARTHQUAKE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MITIGASI MATERI LETAK GEOLOGIS INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i2.22109Keywords:
Alat peraga, Demonstration of earthquake, Literasi bencanaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menerapakan alat peraga pembelajaran "demonstration of earthquake" yang dapat meningkatkan literasi mitigasi melalui media sosial menggunakan software menemu baling, materi letak geologis Indonesia pada pembelajaran IPS SMP N 2 Banjarnegara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, catatan harian dan dokumentasi. Hasil yang dicapai pada pembelajaran menggunakan alat pembelajaran peraga demonstration of earthquake di kelas VII E semester 1 SMP N 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2017/2018 adalah sebagai berikut, berdasarkan catatan harian peserta didik, dapat dipahami bahwa pada pembelajaran yang telah lalu, untuk materi letak geologis Indonesia dimana belum menggunanakan alat peraga demonstration of earthquake secara umum peserta didik menyatakan pemahaman tentang materi letak geologis yang kurang tuntas. Peserta didik secara umum juga memandang alat peraga "demonstration of earthquake" dapat memperjelas pemahaman tentang materi letak geologis Indonesia. Lebih lanjut peserta didik secara umum menilai pembelajaran menyenangkan, karena dapat memanfaatkan gawai meraka untuk pembelajaran. Untuk data nilai postes, menjunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini tampak pada rerata mencapai 74,69. Rerata yang cukup baik karena sudah di atas KKM. Nilai tertinggi mencapai 86, walaupun masih ada yang mendapatkan 56 dan merupakan nilai terendah. Sementara jumlah peserta didik tuntas 82,67 %, sudah cukup baik karena mencapai lebih dari separuh jumlah peserta didik.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.